adplus-dvertising

Taliban Desak Amerika Serikat Berhenti Dorong Warga Afghanistan Mengungsi

Marwan Azis, telisik indonesia
Rabu, 25 Agustus 2021
754 dilihat
Taliban Desak Amerika Serikat Berhenti Dorong Warga Afghanistan Mengungsi
Ribuan warga Afghanistan membanjiri bandara Kabul. Foto: Ist.

" Pemerintah AS saat ini sedang mengevakuasi ribuan orang dari Afghanistan, termasuk warga Afghanistan yang membantu mereka di sana "

KABUL, TELISIK.ID - Pasca Taliban menguasai Afganistan, gelombang pengungsi terus memadati areal bandara di Kabul.

Hal tersebut mulai mendapat perhatian dari Taliban yang kini otomatis memerintah Afganistan pasca Presiden Afganistan kabur keluar negeri.

Seorang juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid mendesak Amerika Serikat (AS) berhenti mendorong warga Afghanistan untuk pergi dan negara-negara asing berhenti membawa para ahli Afghanistan keluar dari Afghanistan.


"Kami meminta orang-orang Amerika untuk mengubah kebijakan Anda dan tolong jangan mendorong warga Afghanistan untuk pergi. Jangan bawa mereka ke luar negeri," kata juru bicara itu seperti dilansir BBC yang juga dikutip Antara (25/8/2021).

Sementara itu, juru bicara Gedung Putih, Jennifer Rene Psaki mengatakan, pemerintahan Biden mengharapkan warga Afghanistan yang memenuhi syarat untuk visa AS masih akan diizinkan meninggalkan negara itu.

Baca Juga: Taliban Kuasai Afghanistan, Warga Dapat Surat Hukuman Mati

Baca Juga: Mengenal Jaringan Haqqani, Pilar Utama Kelompok Taliban yang Paling Ditakuti di Afghanistan

"Orang-orang yang kami prioritaskan yang memenuhi syarat untuk visa imigran khusus harapan kami adalah mereka akan dapat mencapai bandara," kata Jennifer seperti dikutip Telisik.id dari Reuters.

Untuk diketahui, Pemerintah AS saat ini sedang mengevakuasi ribuan orang dari Afghanistan, termasuk warga Afghanistan yang membantu mereka di sana. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga