Taman Baca, Terobosan Pemuda Lapodi Kabupaten Buton Tingkatkan Minat Generasi Emas

Febriyani, telisik indonesia
Jumat, 07 Juli 2023
0 dilihat
Taman Baca, Terobosan Pemuda Lapodi Kabupaten Buton Tingkatkan Minat Generasi Emas
Anak-anak di desa begitu antusias membaca, dan meminta tambahan buku agar lebih banyak lagi membaca. Foto: Febriyani/Telisik

" Taman baca menjadi gagasan baru para pemuda di Desa Lapodi, Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton, dalam meningkatkan minat literasi para milenial "

BUTON, TELISIK.ID - Taman baca menjadi gagasan baru para pemuda di Desa Lapodi, Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton, dalam meningkatkan minat literasi para milenial.

Banyak orang mengatakan buku merupakan jendela dunia, membaca menjadi sumber dari segala sumber ilmu.

Dengan meningkatnya budaya literasi para pemuda, tentunya hal itu akan memberikan dampak positif yang sangat signifikan dalam kehidupan.

Namun tidak bisa dipungkiri, sekarang ini jarang ditemui para remaja yang gemar membaca. Padahal, banyak manfaat yang dapat diperoleh dari membaca.

Baca Juga: Kejar Desa Wisata, Warga Lapodi Kabupaten Buton Gotong Royong Ciptakan Lingkungan Bersih di HUT ke-59

Banyak faktor yang menjadi penyebab rendahnya minat baca remaja. Salah satunya karena semakin berkembangnya teknologi.

Hal ini menjadi pendorong bagi penggiat di Desa Lapodi untuk membuat terobosan baru dengan mengembangkan taman baca. Mereka mengatakan, dengan literasi akan melahirkan generasi emas penerus bangsa.

"Taman baca selalu kami selenggarakan tiap ada kegiatan besar di desa, seperti pesta adat. Pada HUT desa ke-59 ini, kami berkomitmen untuk melahirkan generasi emas yang gemar membaca. Kami berharap ini bisa terus terjaga hingga kedepan" ungkap salah satu penggiat pemuda, Nelis. Jumat (7/8/2023).

Dengan adanya taman baca itu, memberikan respon positif bagi para pemuda hingga anak-anak. Mereka sangat senang dengan adanya taman baca tersebut, bahkan minta lebih banyak buku.

"Dengan adanya taman baca ini, anak-anak di sini menjadi gemar membaca. Mereka meminta banyak buku. Ada yang suka bahasa Inggris, sins, dan novel," jelas penjaga taman, Rika.

Baca Juga: Berkah Musim Penghujan, Warga Kabupaten Buton jadi Petani Jamur Dadakan

Hal terpenting yang harus dilakukan oleh generasi millenium adalah menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran diri akan pentingnya membaca. Para remaja yang datang ke taman baca ini perlahan mulai sadar pentingnya membaca, dan keharusan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.

"Kami bersyukur dengan adanya taman baca ini, kami diberikan ruang untuk belajar dan berekspresi. Meskipun buku-bukunya masih kurang, namun ini sudah cukup bagi kami. Kami hanya berharap ke depanya bukunya lebih banyak lagi," ungkap salah seorang remaja setempat. Fira.

Oleh karena itu dorongan untuk meningkatkan minat baca sangat dibutuhkan, baik dari pihak keluarga, instansi pemerintahan ataupun non pemerintahan, dan para penggiat literasi. Ini menjadi tugas kita bersama dalam melahirkan generasi emas. (A)

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga