Taman Pintar Yogyakarta akan Segera Dibuka untuk Wisatawan

Affan Safani Adham, telisik indonesia
Selasa, 09 Juni 2020
0 dilihat
Taman Pintar Yogyakarta akan Segera Dibuka untuk Wisatawan
Taman Pintar Yogyakarta akan segera dibuka kembali setelah ditutup selama pandemi COVID-19. wisatawan. Foto: Affan Safani Adham/Telisik

" Tapi nantinya saat simulasi akan diberlakukan beberapa standar operasional prosedur yang harus dilalui oleh para pengunjung maupun pengelola Taman Pintar. "

YOGYAKARTA, TELISIK.ID - Setelah ditutup karena pandemi COVID-19 beberapa waktu lalu, Taman Pintar Yogyakarta saat ini mulai persiapkan diri untuk kembali dibuka.

Simulasi pembukaan rencananya akan dilakukan pada tanggal 11 Juni 2020 mendatang.

Kepala Bidang Pengelolaan Taman Pintar Kota Yogyakarta, Afia Rosdiana, mengatakan, saat ini Taman Pintar masih ditutup.

"Tapi nantinya saat simulasi akan diberlakukan beberapa standar operasional prosedur yang harus dilalui oleh para pengunjung maupun pengelola Taman Pintar," kata Afia Rosdiana.

Menurutnya, SOP yang harus dilakukan adalah pengelola Taman Pintar menyediakan manajemen reservasi, lalu pengelola mendata wisatawan, menyediakan thermogun, menyediakan petugas dan pos kesehatan serta sarana cuci tangan.

"Petugas juga wajib menggunakan masker, face shield, dan wajib cuci tangan secara berkala," kata Afia Rosdiana, Selasa (9/6/2020).

Kata Afia, pengunjung diwajibkan untuk melakukan reservasi, menggunakan masker, membawa identitas diri, membawa perlengkapan hygenitas sendiri, dan membawa perlengkapan ibadah sendiri.

Baca juga: PWI Baubau Sesalkan Pelaporan Wartawan Busel ke Polisi

Selain itu, pengunjung juga dilarang untuk membawa makanan sendiri, masuk melalui pintu masuk selatan atau gerbang timur. Dan pengunjung dengan suhu tubuh lebih dari 37.5 derajat celcius akan diarahkan ke pos kesehatan.

Setelah itu, saat akan masuk ke pos retribusi, pengunjung wajib untuk menjaga jarak, menyiapkan uang dengan jumlah pas atau digital payment.

Ia menjelaskan, setelah simulasi dilakukan, maka akan ada tahapan selanjutnya, yaitu tahapan evaluasi. "Evaluasi tersebut untuk melihat apakah sudah sesuai dengan standar kebersihan dan kesehatan serta keamanan dalam pencegahan penyebaran COVID-19.

Adapun untuk sarana prasarana, saat ini sedang dipersiapkan, baik berupa penyediaan sarana cuci tangan di area playground, hand sanitizer di dalam gedung/zona, sampai pada sarana pos kesehatan.

Sedangkan untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) pihaknya saat ini sedang melakukan pelatihan serta simulasi secara internal terlebih dahulu.

Reporter: Affan Safani Adham

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga