Tamborasi, Sungai Terpendek di Dunia

Siswanto Azis, telisik indonesia
Sabtu, 14 Maret 2020
0 dilihat
Tamborasi, Sungai Terpendek di Dunia
Sungai Tamborasi : Foto/Ist

" Sungai ini terlihat seperti danau di tepi pantai. Namun karena alirannya yang mengarah ke bibir pantai membuatnya dijuluki sungai. "

KOLAKA, TELISIK.ID - Jika Sungai Nil dinobatkan sebagai sungai terpanjang di dunia dengan panjang 6.695 Km. Tapi pernahkan kita terpikir tentang sungai terpendek ada di mana? Jawabannya  ada di Indonesia. Namanya Sungai Tamborasi yang berada di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, dengan panjang 20 meter dan lebar 15 meter, menjadikannya sebagai salah satu sungai terpendek di dunia.

Sungai ini terlihat seperti danau di tepi pantai. Namun karena alirannya yang mengarah ke bibir pantai membuatnya dijuluki sungai.

Sungai Tamborasi Kolaka memiliki air yang sangat jernih dan letaknya berjejeran langsung dengan hutan dan pantai. Salah satu aktivitas seru yang bisa dilakukan di Sungai Tamborasi Kolaka, adalah berenang atau sekadar bermain air sambil berfoto.

Meski hanya 20 meter, namun dipastikan bahwa itu adalah sungai. Bentuknya memang seperti danau, tapi adanya aliran air menguatkan bahwa itu adalah sungai. Sekilas airnya tampak tenang layaknya danau, tapi ada aliran air dan hulunya terhubung langsung dengan Pantai Tamborasi. 

Keunikan lain dari Sungai Tamborasi Kolaka, adalah memiliki suhu yang berbeda di bagian hulu dan hilir. Di bagian hulu, suhu airnya cenderung lebih dingin, sedangkan di bagian hilir lebih hangat karena pertemuan dengan air laut.

Sungai Tamborasi Kolaka, dapat dijangkau dari Kota Kolaka dalam waktu 1-2 jam dengan jarak tempuh sekitar 90 km. Di sepanjang perjalanan wisatawan akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan gunung marmer. Meski waktu tempuhnya cukup lama, tapi dijamin tak akan bosan selama di perjalanan.

Sebuah mitos yang beredar, konon bagi wisatawan yang datang ke Sungai Tamborasi Kolaka ini, berhasil mengikatkan tali pada akar pohon di sekitaran sungai, maka jodoh akan segera menghampirinya. Namun jika yang melakukan hal ini adalah wisatawan yang sudah menikah atau berkeluarga, maka konon hubungan rumah tangganya makin harmonis.

Ini hanyalah mitos yang beredar di kalangan masyarakat sekitar. Percaya atau tidak tentu bukan jadi masalah. Yang jelas Sungai Tamborasi ini Kolaka Sulawesi Tenggara ini begitu cocok untuk jadi destinasi saat hari libur panjang tiba. 

Reporter: Dul
Editor: Sumarlin

Baca Juga