Tanam Bulu Mata Rupanya Bisa Iritasi

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Kamis, 08 Juni 2023
0 dilihat
Tanam Bulu Mata Rupanya Bisa Iritasi
Risiko tanam bulu mata, ternyata bukan hanya kerontokan bulu mata, tetapi juga berbahaya bagi kulit area mata. Foto: Shutterstock

" Mata adalah salah satu bagian yang memiliki daya tarik tersendiri. Mata indah merupakan dambaan hampir setiap perempuan "

KENDARI, TELISIK.ID - Mata adalah salah satu bagian yang memiliki daya tarik tersendiri. Mata indah merupakan dambaan hampir setiap perempuan.

Beberapa wanita memilih mempercantik kedua mata dengan menambahkan aksesori mata, seperti penggunaan bulu mata palsu ataupun tanam bulu mata. Tanam bulu mata dilakukan untuk mempercantik bulu mata secara semipermanen dengan memasangkan helaian bulu mata.

Tanam bulu mata berbeda dengan penggunaan bulu mata palsu, yang dilakukan dengan ditempelkan langsung ke ujung kelopak mata menggunakan lem. Saat tanam bulu mata, bulu mata palsu disambung ke bulu mata alami dengan menggunakan lem perekat khusus secara satu per satu sehingga membutuhkan perawatan bulu mata yang rutin.

Baca Juga: Sering Merasa Lelah dan Tidak Bahagia, Kenali Gejala Depresi Melankolis

Walaupun disebut bisa membuat bulu mata asli lebih mudah rontok, tetapi masih banyak wanita yang melakukan tanam bulu mata. Bahkan, figur publik dan content creator sering menggunakannya secara berulang kali ketika harus menghadiri acara penting.

Melansir dari Dream.co.id, Seorang dokter kulit, Arthur Simon mengatakan, risiko tanam bulu mata ternyata bukan hanya kerontokan bulu mata tetapi juga berbahaya bagi kulit area mata. Penumpukan keringat, minyak, dan sisa makeup di dekat akar bulu mata bisa menyebabkan munculnya serpihan hingga bersarangnya kutu.

“Sebenarnya setiap orang harus membersihkan bulu mata untuk memastikan tidak ada penumpukan minyak, sisa makeup, keringat, atau kotoran yang bisa menyebabkan hal tersebut. Namun, orang yang tanam bulu mata lebih rentan mengalaminya,” jelasnya.

Jika sudah melakukan tanam bulu mata sebaiknya lebih memperhatikan kebersihan dan tetap merawatnya sesuai anjuran agar tidak terjadi iritasi atau hal-hal yang tidak diinginkan. Karena  jika tidak dirawat, bulu mata sambung tersebut bisa cepat rontok, merusak bulu mata asli dan iritasi disekitar mata.

Baca Juga: 6 Pantangan Harus Dihindari Saat Datang Bulan, Seks Salah Satunya

Seorang karyawan disalah satu perusahaan di Kota Kendari, Nining Asri yang juga melakukan tanam bulu mata sejak dirinya lulus kuliah menjelaskan, pemakaian bulu mata harus diselingi dengan perawatan yang baik, karena kulit di sekitar mata seperti kelopak mata rentan iritasi. Biaya pasangnya juga setara dengan biaya perawatannya.

“Tanam bulu mata buat saya makin percaya diri, karena bulu mata asli saya pendek dan tipis jadi saya memutuskan untuk tanam bulu mata, saat awal pemakaian saya jarang bersihkan, tidak dirawat dengan baik, sampai pernah kelopak mata saya iritasi, bengkak dan merah-merah,” ujar Nining pada Kamis (8/6/2023). (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga