Tanggul Gereja di Kendari Roboh, Warga Panik dan Histeris

Erni Yanti, telisik indonesia
Senin, 01 Januari 2024
0 dilihat
Tanggul Gereja di Kendari Roboh, Warga Panik dan Histeris
Sejumlah warga histeris dan panik saat melihat detik-detik tanggul gerja roboh. Foto: Screnshot video

" Sebuah tanggul pembatas Gereja Gepsultra Jemaat Oikoumene Kendari di Jalan Tinumbu, Kelurahan Kandai, Kecamatan Kendari roboh "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebuah tanggul pembatas Gereja Gepsultra Jemaat Oikoumene Kendari di Jalan Tinumbu, Kelurahan Kandai, Kecamatan Kendari roboh, Minggu (31/12/2023).

Tak ada korban jiwa ataupun luka dalam peristiwa ini, namun sejumlah pengendara sempat panik lantaran material longsor terutama tembok tanggul jebol mengarah ke jalan.

Dari rekaman video yang diterima Telisik.id, sejumlah jemaat gereja yang hendak menggelar ibadah tutup tahun sempat dibuat panik, lantaran peristiwa itu tepat di pekarangan pintu masuk rumah ibadah tersebut.

Para jemaat sempat menyelamatkan kursi agar tak terbawa material longsor. Sementara beberapa warga yang sempat melihat mengatakan bahwa tanggul gereja tersebut baru saja dibangun.

Baca Juga: Jelang Tahun Baru, Penjualan Kondom di Kendari Meningkat

"Melaporkan pak camat, talut gereja yang baru dibangung roboh, tolong dinas BPBD untuk turun," ucap salah seorang warga dalam video.

Meski sempat terjadi longsoran, aktivitas ibadah tetap dilangsungkan, namun jemaat dilarang lewat di areal pintu depan gereja karena khawatir terjadi longsor susulan.

Salah seorang jemaat, Maykhel Rizky mengatakan, sebelum kejadian ini terjadi sempat terdengar suara gemuruh tanah bergerak. Mereka pun langsung menebak, suara tersebut berasal dari tanggul gereja yang longsor.

Baca Juga: Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Beberkan Capaian Kinerja Tahun 2023

"Ada kedengaran bunyi retakan tanah, makanya langsung dievakuasi tempat duduk di dekat itu (longsoran). Tidak lama setelah kejadian, langsung datang polisi dan TNI mengamankan lokasi," beber Maykhel.

"Kami tetap melaksanakan ibadah, tapi jemaat dilarang memarkir kendaraan di areal gereja untuk mengurangi beban dan menghindari longsor susulan. BPBD Kota Kendari juga sudah menyiapkan jalur evakuasi ketika terjadi longsor lanjutan," ungkapnya.

Hingga berita ini diterbitkan, tim Telisiki.id sedang menelusuri penyebab robohnya tanggul Gereja Gepsultra Jemaat Oikoumene Kendari tersebut. (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga