Tangkeno dan Desa Hukaea Menjadi Nominator API Award 2021

Hir Abrianto, telisik indonesia
Sabtu, 26 Juni 2021
0 dilihat
Tangkeno dan Desa Hukaea Menjadi Nominator API Award 2021
Pelaksanaan Festival Tangkeno. Foto: Ist.

" Keunggulan potensi pariwisata di Kabupaten Bombana lagi-lagi memperoleh pengakuan di kancah nasional dengan menjadi nominator di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021. "

BOMBANA, TELISIK.ID - Keunggulan potensi pariwisata di Kabupaten Bombana lagi-lagi memperoleh pengakuan di kancah nasional dengan menjadi nominator di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021.

Sebelumnya, pada tahun 2020 lalu, destinasi Pulau Sagori juga menjadi nominator Anugerah Pesona Indonesia (API) namun gagal menjadi pemenang karena kurang mendapatkan dukungan SMS.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Bombana, Janariah mengatakan, tahun ini Bombana menjadi nominator dalam dua kategori yakni Wisata Tangkeno dengan kategori Dataran Tinggi dan Desa Adat Hukae dengan kategori Kampung Adat.

Baca juga: Indeks Inovasi Daerah Disclaimer, Buteng Siap Berbenah

Baca juga: Anggaran Pengaspalan di Trans Wandiri dari DAK dan Dana Pinjaman

"Nominasi ini patut dibanggakan untuk daerah kita, karena berturut-turut selalu ada yang masuk ikut bersaing di kancah nasional. Tahun ini ada dua yang terpilih sebagai nominator, yakni Tangkeno dan Desa Hukaea," ungkap Janariah, Sabtu (26/6/2021).

Kepala dinas yang berasal dari Desa Tangkeno ini juga berharap dukungan seluruh masyarakat Bombana. Caranya cukup dengan mengirimkan SMS ke nomor 99386.

"Untuk mendukung Desa Tangkeno maka kita cukup ketik API 10J kirim ke 99386. Untuk dukungan Desa Adat Hukaea, maka ketik API 11B kirim ke 99386. Jadi harus kirim sebanyak-banyaknya sampai 31 Oktober 2021 mendatang, supaya nominasi ini bisa keluar sebagai pemenang karena pemenang tergantung dari jumlah SMS," jelasnya.

Untuk diketahui, Desa Tangkeno saat ini dikenal dengan Wisata Negeri di Awan, berlokasi di Kecamatan Kabaena Tengah. Setiap tahunnya, Pemda Bombana rutin menggelar festival yang menampilkan ragam seni budaya khas Bombana. Sementara Desa Hukaea sebagai nominator Kampung Adat, berada di kawasan Taman Nasional Rawa Aopa, Kecamatan Lantari Jaya, Kabupaten Bombana. (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga