adplus-dvertising

Tanpa Disadari, Ternyata Ada Pasukan Sniper Jaga Nyawa Jokowi

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 10 Desember 2021
1142 dilihat
Tanpa Disadari, Ternyata Ada Pasukan Sniper Jaga Nyawa Jokowi
Prajurit Batalyon Komando 465/Paskhas. Foto: Repro Instagram

" Ternyata ada pasukan elite Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang berada sangat dekat untuk menjaga keamanan Presiden RI Jokowi "

KALBAR, TELISIK.ID - Kunjungan kerja (kunker) Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) berjalan tanpa halangan apapun.

Ternyata, ada pasukan elite Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang berada sangat dekat untuk menjaga keamanan orang nomor satu di Indonesia itu. Jokowi bertolak ke Kalimantan Barat pada Rabu 8 Desember 2021 lalu.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan mantan Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta adalah meninjau korban banjir di Kabupaten Sintang, dan meresmikan Bandara Tebelian.


Dilansir dari akun Instagram resmi Korps Pasukan Khas (Paskhas) TNI Angkatan Udara, pasukan yang menjaga Jokowi selama kunker di Kalimantan Barat berasal dari Batalyon Komando 465/Brajamusti (Yonko 465/Paskhas).

Baca Juga: Resmi Jadi ASN, 44 Eks PegawaI KPK Perkuat Komitmen Polri Berantas Korupsi

Yonko 465/Paskhas mengerahkan sejumlah prajurit andalannya yang tergabung dalam Satuan Setingkat Kompi (SSK), dengan tugas Pengamanan VVIP Presiden RI. 

Pasukan Yonko 465/Paskhas disebar ke sejumlah titik pengamanan tugas dengan tiga peran. Yang pertama adalah Tim Pengamanan dan Penyelamatan (Matan) Presiden RI di VIP Room Bandara Supadio, Pontianak, dan Tim Sniper (penembak runduk), serta Pengamanan Pangkalan.

Hal tersebut dijelaskan langsung oleh Komandan Batalyon 465/Paskhas (Danyonko 465/Paskhas), Letkol Pas Wisnu Budhi Saputro.

Baca Juga: Di Era Demokrasi Threshold Pemilu Harusnya Nol Persen dan Biaya Politik Nol Rupiah

"Batalyon Komando 465/Paskhas mengerahan satu SSK yang terbagi dalam beberapa spot pengamanan tugas," terang Danyonko 465/Paskhas, dilansir Vivamiliter.

"Tim Sniper, Tim pengamanan dan penyelamatan (Matan) Presiden RI di VIP Room Bandara Supadio, serta pengamanan Pangkalan. Kami berharap kunjungan Bapak Presiden ini bisa berjalan dengan lancar dan aman," katanya.

Sebagai informasi, Yonko 465/Paskhas merupakan salah satu pasukan elite berkualifikasi Para Komando, yang berada di bawah kendali Wing 3 Paskhas/Harda Marutha. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga