Tantangan Driver dan Pengguna Ojol di Tengah Cuaca yang Tidak Bersahabat

Siti Nabila, telisik indonesia
Minggu, 19 Mei 2024
0 dilihat
Tantangan Driver dan Pengguna Ojol di Tengah Cuaca yang Tidak Bersahabat
Layanan ojek online biasanya lebih sulit didapatkan di saat cuaca hujan. Foto: Siti Nabila/Telisik

" Cuaca yang tidak menentu seringkali menjadi masalah bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang bergantung pada layanan transportasi online seperti ojek daring (ojol) "

KENDARI, TELISIK.ID - Cuaca yang tidak menentu seringkali menjadi masalah bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang bergantung pada layanan transportasi online seperti ojek daring (ojol).

Di balik kenyamanan dan kemudahan yang ditawarkan oleh layanan ini, terdapat tantangan tersendiri bagi driver dan penumpang, terlebih lagi saat hujan mengguyur. Mengapa mencari ojek online menjadi sulit di saat cuaca buruk?

Lukman (23) salah satu driver ojek online Maxim yang beroperasi di Kendari mengatakan, ada beberapa kendala pemesanan di saat hujan turun.

"Ya karena salah satunya titik jemput yang terlalu jauh, terus petir juga menjadi masalah lain yang dihadapi," ujarnya.

Tidak hanya itu, perjalanan dalam cuaca hujan seringkali memakan waktu lebih lama. Jalanan yang berlubang dan macet yang bisa mengakibatkan driver harus berjalan lebih lambat.

Baca Juga: Warga Kendari Keluhkan Penyaluran Bansos Tak Merata, Begini Kata Dinsos

Hal ini bisa menyebabkan waktu tunggu bagi penumpang yang mencari ojek online, serta biaya perjalanan yang mungkin lebih tinggi karena tarif berdasarkan jarak dan waktu tempuh.

Koneksi internet yang buruk atau gangguan sinyal seluler saat hujan, juga dapat mengganggu proses pemesanan dan komunikasi antara penumpang dan pengemudi, sehingga menyebabkan keterlambatan atau bahkan kegagalan pesanan.

Namun di balik tantangan menjadi driver ojek online, juga terdapat beberapa keuntungan.

"Selama kurang lebih 1 tahun menjadi driver ojek Maxim, banyak hal yang saya dapatkan. Relasi saya bertambah, jam kerja yang sesuai keinginan, dan tentu pendapatan saya juga bertambah. Terlebih lagi kalau ada penumpang yang memberikan uang tambahan dari harga yang seharusnya," tuturnya.

Sementara itu, tantangan bagi penumpang ojol juga sama sulitnya, karena harus rela menunggu lama, disebabkan jarak antara titik penjemputan dan lokasi driver yang lumayan jauh.

Baca Juga: Dua Emak-Emak Kendari Siap Baku Hantam Pakai Tongkat Panjang Usai Disentil Komentar Medsos

Selain itu, kerap kali ada driver yang menolak untuk mengambil orderan jika cuaca lagi tidak mendukung seperti hujan, karena mengetahui kondisi jalan yang pasti tambah rusak.

Anggun, satu dari banyak penumpang yang menggunakan jasa Maxim mengaku sangat suka menggunakan jasa ojol sejak masa kuliah, hingga kini dia telah bekerja.

"Saya senang karena pelayanannya yang baik dan ramah. Hanya ada beberapa driver ojol yang saya dapati memberikan pelayanan yang kurang baik seperti membatalkan pesanan saya dengan alasan jalanan ke rumah saya jelek dan juga jauh, terlebih jika sudah turun hujan," tuturnya. (B)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga