adplus-dvertising

Tanya Mendagri Soal Tunjuk Pj di Luar Usulan, Sikap Gubernur Ali Mazi Dibenarkan

Musdar, telisik indonesia
Senin, 23 Mei 2022
1424 dilihat
Tanya Mendagri Soal Tunjuk Pj di Luar Usulan, Sikap Gubernur Ali Mazi Dibenarkan
Pengamat Politik asal Sulawesi Tenggara, M Najib Husain, membenarkan sikap Gubernur Ali Mazi yang mempertanyakan Mendagri soal SK Pj bupati di luar usulan. Foto: Ist

" Sikap Gubernur Ali Mazi yang menunda pelantikan 2 Pj tersebut sempat menuai kritik dari sejumlah pihak "

KENDARI, TELISIK.ID - Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi menunda melantik Pj Bupati Muna Barat dan Buton Selatan usulan Mendagri.

Penundaan tersebut dikarenakan Ali Mazi akan berkonsultasi dulu ke Mendagri untuk mempertanyakan mengapa 6 nama yang diusulkan untuk mengisi jabatan Pj di Muna Barat dan Buton Selatan tidak diakomodir.

Sikap Gubernur Ali Mazi yang menunda pelantikan 2 Pj tersebut sempat menuai kritik dari sejumlah pihak.


Menanggapi hal itu, Pengamat politik asal Sulawesi Tenggara, M Najib Husain menilai, tidak ada yang salah dengan sikap gubernur. Sebab yang dilakukan Ali Mazi menurut Najib, menyangkut wibawa seorang pimpinan daerah.

"Apa yang dilakukan Pak gubernur untuk memperjelas alasan kenapa sampai 2 usulannya itu tidak direstui, saya pikir itu sah-sah saja, karena ini persoalannya kewibawaan pimpinan daerah juga," kata Najib, Senin (23/5/2022).

Baca Juga: Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak di Kota Kendari Meningkat Setiap Tahun

Dosen FISIP UHO ini mengungkapkan, kalau penunjukan Pj tidak mentok di 3 daerah saja, tetapi masih ada beberapa daerah di Bumi Anoa yang juga akan dipimpin Pj tahun 2022 ini. Beberapa daerah itu yaitu Kabupaten Buton, Bombana, Kolaka Utara dan Kota Kendari.

Baca Juga: Melaju Kencang, Mobil Ini Tabrak Rumah Warga dan Terjun ke Jurang

Sehingga lanjut Najib, jika Ali Mazi tidak mencoba untuk mendapatkan jawaban dari Mendagri, maka tidak menutup kemungkinan ke depan masalah yang terjadi saat ini akan kembali terjadi di kemudian hari.

"Tapi intinya kalau saya sih, kita tidak ingin bahwa kejadian hari ini terjadi pada pengusulan-pengusulan Pj berikutnya," tutup doktor jebolan UGM ini.

Diketahui Gubernur Ali Mazi telah melantik Pj Bupati Buton Tengah pada Senin (23/5/2022) sore. Pj yang baru dilantik itu merupakan usulan gubernur yang direstui Mendagri. (C)

Penulis: Musdar

Editor: Kardin

Baca Juga