Tari Lariangi Khas Tolaki Tampil di Musyawarah Rakyat Ke-19

Wa Ode Fatima Azzahra, telisik indonesia
Minggu, 19 Februari 2023
0 dilihat
Tari Lariangi Khas Tolaki Tampil di Musyawarah Rakyat Ke-19
Tari lariangi yang ditampilkan pada musra ke-19 di hotel kubra Kendari oleh dnart. Foto: Wa Ode Fatima Azzahra/Telisik

" Indonesia adalah salah satu negara dengan beragam suku dan tarian rakyat, di mana setiap tarian memiliki makna tersendiri "

KENDARI, TELISIK.ID - Indonesia adalah salah satu negara dengan beragam suku dan tarian rakyat, di mana setiap tarian memiliki makna tersendiri.

Salah satu provinsi yang menyumbang tarian dengan ragam makna adalah Provinsi Sulawesi Tenggara. Salah satunya tari lariangi dari suku Tolaki.

Tari lariangi biasa dilakukan ketika menyambut raja-raja yang mana saat ini ditampilkan ketika menyambut tamu-tamu penting.

Baca Juga: Tarian Lulo Laskar Sastra UHO Raih Juara I Lomba Tari Kreasi

Tarian lariangi yang ditampilkan pada musyawarah rakyat (musra) ke-19 oleh sanggar Dnart Kendari di ballroom hotel kubra. Sanggar ini biasanya menerima event untuk acara pernikahan atau acara resmi di wilayah Kota Kendari.

Ketua dnart, Deno Rinambo mengungkapkan, saat ini mereka beranggotakan sekira 20 orang. Dnart didirikan sejak tahun 2015, perta kali adalah komunitas tari dari sekolah di Kota Kendari.

Baca Juga: Tarian Khas Tolaki Awali Pembukaan Economic Festival Expo UHO

Namun seiring berjalannya waktu, mereka menjadi sebuah komunitas yang terus melestarikan tarian dari berbagai daerah di Sulawesi Tenggara.

Deno juga menambahkan, pihaknya menerima tarian custom sesuai keinginan pelanggan.

Salah satu penari dnart, Nur Zam Wiah Kudus mengungkapkan, mulai ikut pada komunitas itu sejak 2017. Ia merasa senang ikut melestarikan tarian dari Sulawesi Tenggara. (B)

Penulis: Wa Ode Fatima Azzahra

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga