Tari Lumense Go Istana, Kebanggaan bagi Masyarakat Bombana

Hir Abrianto, telisik indonesia
Selasa, 16 Agustus 2022
0 dilihat
Tari Lumense Go Istana, Kebanggaan bagi Masyarakat Bombana
Tari Lumense, tarian khas masyarakat Tokotu'a, mendapatkan kesempatan tampil di rangkaian peringatan HUT ke-77 RI di Istana Negara. Foto: Ist.

" Patut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Bombana khususnya masyarakat Kabaena, karena pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-77 kali ini, Tari Lumense akan ditampilkan di Istana Negara "

BOMBANA, TELISIK.ID – Patut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Bombana khususnya masyarakat Kabaena, karena pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-77 kali ini, Tari Lumense akan ditampilkan di Istana Negara.

Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bombana, Anindya menceritakan sebab terpilihnya lumense go Istana.

Kata Anindya, awalnya membuat video singkat tarian lumense di Pulau Kabaena, tepatnya di Tangkeno untuk didaftarkan sebagai nominasi Anugerah Pesona Indonesia tahun 2022 Program Kementerian Pariwisata RI.

Setelah diseleksi dan ditinjau langsung oleh Kementerian Pariwisata, bahkan mendapatkan kesempatan dari Istana Kepresidenan untuk tampil di TMI untuk diitinjau.

“Setelah dilakukan peninjuan, ternyata dari situlah kami mendapat permintaan untuk menampilkan secara kolosal di istana pada peringatan HUT RI tahun ini,” ungkap Anindya.

Baca Juga: Disdukcapil Siap Lakukan Perekaman KTP Bagi ASN Muna Barat

Rombongan tim penari lumense telah diberangkatkan ke Jakarta pada Minggu 14 Agustus lalu yang sebelumnya dilepaskan secara resmi oleh pemerintah provinsi pada tanggal 12 Agustus.

Kepala DInas Pariwsata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bombana, Anisa Nur Prihatin yang tergabung dalam rombongan tim lumense terjumlah 152 orang, di antaranya 100 orang penari dan penabuh, pelatih, tata rias, tata busana bersama pejabat pemerintah serta pendamping, pihaknya mengharapkan doa dan dukungan masyarakat Sultra, dan Kabupaten Bombana khususnya.

Baca Juga: Kukuhkan Paskibraka, Pemda Konawe Ucapkan Terima Kasih kepada Semua Pihak

“Yang tergabung dalam tim sebanyak 152 orang, saat ini mempersipkan penampilan besok dengan matang. Untuk masyarakat Sulawesi Tanggara doakan kami semoga semua berjalan dengan baik dan sukses menampilkan yang terbaik di hadapan seluruh rakyat Indonesia,” ucapnya kepada Telisik.id, Selasa (16/8/2022).

Terpilihnya tari lumense go istana mendapat dukungan dari anggota DPD RI perwakilan Sulawesi Tenggara, Andi Nirwana Sebbu. Kata dia, untuk membawa tarian khas suatu daerah ke istana itu sangat berat perjuangannya. Olehnya itu, momen ini menjadi kebanggaan bagi masyarakat Bombana bisa berhasil memperjuangakan hingga tarian lumense terpilih untuk ditampilkan di istana.

“Selamat untuk Bombana, Dinas Pariwisata Kabupaten dan Provinsi Sulawesi Tenggara telah berjuang pernuh untuk memperkenalkan tarian masyarakat kita. Nanti akan disaksikan oleh seluruh Indonesia, tolong dirawat budaya ini, jangan ada yang dirubah dari keasliannya dan yang lebih utama segara upayakan HAKI-nya cepat terbit,” pungkasnya. (B)

Penulis: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga