Tari Lumense Kini Miliki Surat Hak Kekayaan Intelektual

Hir Abrianto, telisik indonesia
Rabu, 17 Agustus 2022
0 dilihat
Tari Lumense Kini Miliki Surat Hak Kekayaan Intelektual
Penari saat menampilkan tarian lumense di halaman istana pada perayaan HUT KemerdekaanRIke-77. Foto: Ist.

" Tari Lumense sudah terbit surat HAKI-nya dari Kementerian Hukum dan HAM "

BOMBANA, TELISIK.ID - Tari Lumense menjadi trending di media sosial setelah mendapatkan kesempatan untuk tampil di Hari Ulang Tahun  (HUT) ke-77 RI di Istana Negara.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pun telah menerbitkan surat yang menyatakan bahwa Tari Lumense tercatat dalam inventarisasi Hak Intelektual Ekspresi Budaya Tradisional yang tercatat dengan nomor EBT74202200218, dengan Anisa Sri Prihatin, S.Sos., M.Si. sebagai pelapor.

"Tari Lumense sudah terbit surat HAKI-nya dari Kementerian Hukum dan HAM," ujar Anisa Sri Prihatin, S.Sos. M.Si, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bombana kepada Telisik.id melalui pesan WhatsApp-nya.

Berdasarkan keterangan yang tertuang dalam surat pencatatan hak kekayaan intelektual diterbitkan dalam rangka perlindungan Ekspresi Budaya Tradisional (EBT) berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, menerangkan nama Ekspresi Budaya Tradisional Tari Lumense, kustodian: masyarakat adat Kabupaten Bombana, jenis ekspresi budaya tradisional berupa gerak-tarian, wilayah atau lokasi Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Tari Lumense Go Istana, Kebanggaan bagi Masyarakat Bombana

Menyatakan benar telah didokumentasi dan diarsipkan dalam Pusat Data Nasional Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) Indonesia. Surat Pencatatan Inventarisasi Ekspresi Budaya Tradisional ini sesuai dengan Pasal 38 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.

Surat Hak Kekayaan Intelektual Tari Lumense yang diterbitkan Kementerian Hukum dan HAM. Foto: Ist.

 

Terpilihnya Tari Lumense tampil di istana negara berawal dari hasil kurasi Festival Tangkeno untuk  kharisma event nusantara (KEN) dan terpilih masuk 100  besar dalam kalender event nusantara Kemenparekraf dari seluruh Indonesia, sebagaimana dijelaskan kembali oleh Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Bombana.

Baca Juga: Jangan Ajari Pj Bupati Muna Barat Soal Pengelolaan Birokrasi

Selanjutnya Tari Lumense masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2022 sehingga ketua tim kurator tertarik melirik Tari Lumense saat dipaparkan dan dianggap unik dan diminta untuk disurvei terkait pendalaman dari tarian ini sehingga dianggap layak tampil di istana, tentunya melalui perjuangan panjang dengan secara terus menerus dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Alhasil mendapatkan surat resmi dari Kepala Sekretariat Presiden RI yang ditujukan kepada Gubernur Sultra, tembusan Bupati Bombana.

"Alhamdulillah dengan respon cepat, provinsi langsung menyatakan kesanggupan dan kesediaan mendapatkan kehormatan untuk hadir tampil di istana negara. Dan kami atas nama pemda mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada seluruh masyarakat handaitaulan yang sudah mendukung, mensuport baik materil maupun dukungan lain yang tidak mengikat," pungkasnya. (B)

Penulis: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga