Tarian Mencei, Ekspresi Jiwa Kesatria Masyarakat Labalawa Kota Baubau

Elfinasari, telisik indonesia
Rabu, 23 Agustus 2023
0 dilihat
Tarian Mencei, Ekspresi Jiwa Kesatria Masyarakat Labalawa Kota Baubau
Tarian Mencei biasa ditampilkan dalam penyambutan tamu kehormatan atau saat selesai pingitan dan sunatan. Foto: Elfinasari/Telisik

" Tarian Mencei biasa dimainkan pada saat selesai pingitan dan sunatan, setiap orang Labalawa yang sudah dipingit dan disunat, wajib secara adat untuk meminta kepada orang yang pandai Tarian Mencei untuk menari baginya "

BAUBAU, TELISIK.ID - Tenggelam dalam irama gendang dan gerakan khas, Tarian Mencei mencerminkan kegagahan dan warisan budaya dari masyarakat Labalawa, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

Sebuah tarian perang yang telah menjadi ikon khas daerah ini, menjadi saksi sejarah keberanian dan semangat perdamaian dari para leluhurnya.

Ditampilkan oleh tiga penari berbakat, tarian ini memberikan gambaran pertarungan epik antara lingge-lingge dan manungkaloloi. Perlengkapan tempur mereka, dari kinia atau tameng hingga kampue atau parang, tidak hanya sebagai hiasan, tetapi simbol dari nilai-nilai yang diwariskan. Iringan gendang yang dimainkan oleh 2 orang dengan penuh perasaan menambah kekhasan pada tarian ini.

Tarian ini juga mencatat jejaknya dalam sejarah. Dari zaman Kesultanan Buton hingga era millenial, Tarian Mencei selalu menjadi bagian dari perayaan penting, terutama dalam menyambut tamu-tamu penting. Ini menunjukkan betapa dihargainya tarian ini dalam berbagai era.

Baca Juga: Reuni Akbar 7 Tahunan Suku Buton Cia Cia Laporo Hadir se-Nusantara di Kota Baubau

Tarian Mencei ini biasa dimainkan pada saat selesai pingitan dan sunatan, setiap orang Labalawa yang sudah dipingit dan disunat, wajib secara adat untuk  meminta kepada orang yang pandai Tarian Mencei untuk menari baginya.

Pemerhati Budaya Kelurahan Labalawa, Safaruddin menuturkan, masyarakat sangat menghargai tradisi serta menekankan keunikan dan makna dari Tarian Mencei.

Baca Juga: Motif Paling Indah, Peti Mayat Pra Sejarah Asal Kolaka Utara Bakal Diteliti Ulang

"Ini bukan sekadar tarian, tetapi cerminan jiwa kesatria masyarakat Labalawa," tuturnya, Rabu (23/8/2023).

Seorang warga setempat, Irma menambahkan, betapa mendalam pengaruh tarian ini dalam kehidupan mereka. Sebagai masyarakat Labalawa, mereka diajarkan untuk menghormati dan melestarikan tradisi.

Warga lainnya, Susi menuturkan bahwa Tarian Mencei adalah salah satu cara untuk mengenang dan menghargai jasa leluhur. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga