Teddy Minahasa Dituntut Hukuman Mati, Pangkat Jenderal, Harta Banyak Tapi Jual Narkoba

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 30 Maret 2023
0 dilihat
Teddy Minahasa Dituntut Hukuman Mati, Pangkat Jenderal, Harta Banyak Tapi Jual Narkoba
Mantan Kapolda Sumatera Barat, Irjen Teddy Minahasa dituntut dengan hukuman mati dalam kasus peredaran gelap narkoba. Foto: Tribunjateng

" Mantan Kapolda Sumatera Barat Irjen Teddy Minahasa dituntut dengan hukuman mati dalam kasus peredaran gelap narkoba "

JAKARTA, TELISIK.ID - Mantan Kapolda Sumatera Barat Irjen Teddy Minahasa dituntut dengan hukuman mati dalam kasus peredaran gelap narkoba.

"Menjatuhkan terhadap Teddy Minahasa pidana mati," kata jaksa Iwan Ginting di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat.

Jaksa menjelaskan alasannya menunut Teddy Minahasa dengan hukuman mati karena terbukti terlibat dalam proses transaksi, penjualan, hingga menikmati hasil penjualan sabu.

Baca Juga: Infografis: Terlibat Kasus Narkoba Irjen Teddy Minahasa, 4 Polisi Terancam Hukuman Mati

"Mereka yang melakukan, yang menyuruh melakukan, dan yang turut serta melakukan secara tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, menjadi perantara dalam jual beli, menukar dan menyerahkan narkotika golongan I bukan tanaman, yang beratnya lebih dari lima gram,” ujar jaksa dilansir dari KompasTV, Kamis (30/3/2023).

Seperti diketahui, berdasarkan dakwaan jaksa, Teddy Minahasa bekerja sama dengan AKBP Dody Prawiranegara, Syamsul Maarif, dan Linda Pujiastuti (Anita) untuk menawarkan, membeli, menjual, dan menjadi perantara penyebaran narkotika.

Selain itu melansir Bisnis.com Teddy juga disebut-sebut sebagai Polisi paling kaya. Dikutip dari situs elhkpn.kpk.go.id pada bulan September 2021 diketahui Teddy memiliki harta kekayaan total mencapai Rp 29,97 miliar.

Kebanyakan hartanya tersebut berasal dari tanah dan bangunan. Harta ini tidak berubah pada tahun 2022. Pada Maret 2022, Teddy yang saat itu menjabat sebagai Kapolda Sumatera Barat telah melaporkan jumlah harta kekayaannya kepada KPK.

Baca Juga: Terungkap Sosok Irjen Teddy Minahasa, Buat Jokowi Tak Nyaman

Dari situ, diketahui bahwa harga kekayaan Teddy Minahasa per Maret 2022 mencapai Rp29.974.417.203. Meski demikian, kekayaan Teddy Minahasa tidak dalam bentuk uang melainkan sebagian besar (bahkan hingga Rp 25 miliar) berwujud tanah dan bangunan.

Selain itu, Teddy Minahasa juga memiliki harta yang berupa kendaraan senilai Rp 2.07 miliar. Rinciannya adalah sebagai berikut: satu mobil Jeep Warngler tahun 2016, satu mobil Toyota FJ 55 tahun 1970, satu mobil Toyota Land Cruiser HDJ 80R tahun 1996, dan satu motor Harley Davidson Solo tahun 2014. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga