Teknologi Barat Ini Ternyata Ditemukan Ilmuwan Islam

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 02 Februari 2024
0 dilihat
Teknologi Barat Ini Ternyata Ditemukan Ilmuwan Islam
Ibnu Al-Haitham menciptakan teknologi optik. Temuan itu menginspirasi Rogen Bacon dan Kepler untuk menciptakan mikroskop dan teleskop. Foto: Repro Medcom.id

" Ternyata di balik penemuan dan industri teknologi saat ini, ada sentuhan ilmuwan muslim di belakangnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Dunia teknologi selalu penuh dengan para pencetus dan penemu ide serta inovasi. Ternyata di balik penemuan dan industri teknologi saat ini, ada sentuhan ilmuwan muslim di belakangnya.

Hal ini membuktikan ilmuwan muslim juga tidak kalah dan sangat diakui dalam bidang teknologi, seperti ilmuwan barat. Beberapa ilmuwan tersebut di antaranya:

1. Al Khawarizmi

Algoritma dianggap sebagai kunci dari ilmu komputer yang dipakai untuk spesifikasi guna mengolah dan menghitung suatu data. Al Khawarizmi dikenal sebagai penemu algoritma, yang merupakan prosedur sistematis untuk memecahkan masalah matematis dalam langkah terbatas, seperti dilansir dari Sindonews.com.

Al Khawarizmi juga dikenal sebagai Bapak Aljabar, karena ia merupakan orang pertama yang menulis buku tentang aljabar dalam bentuk yang sistematis.

Bukunya yang berjudul Al-Jabr wa'l-Muqabilah (penjumlahan dan pengurangan) menjadi salah satu karya paling berpengaruh dalam sejarah matematika. Selain aljabar, Al Khawarizmi juga memiliki karya-karya penting dalam bidang matematika lainnya, seperti aritmatika, geometri, dan trigonometri.

Baca Juga: Vivo V29e 5G: Review, Spesifikasi, Harga dan Bedanya dengan Vivo V29 5G

Karya-karyanya tersebut telah diterjemahkan ke dalam bahasa Latin dan menjadi dasar bagi perkembangan matematika di Eropa. Al Khawarizmi lahir di Khwarezmia, sebuah wilayah di Asia Tengah yang sekarang menjadi bagian dari Uzbekistan, sekitar tahun 780 M.

2. Ibnu Al-Haitham

Dilansir dari Liputan6.com, Ibnu Al-Haitham menjadi salah satu tokoh Islam yang berpengaruh di dunia teknologi. Ilmuwan ini menciptakan teknologi optik yang saat digunakan pada perangkat kamera. Teknologi temuan Ibnu Al-Haitham menginspirasi Rogen Bacon dan Kepler untuk menciptakan mikroskop dan teleskop.

3. Al Battani

Ia merupakan seorang astronom yang berhasil menemukan hitungan dalam satu tahun terdapat 365 hari, 5 jam, 46 menit, dan 24 detik. Pria dengan nama lengkap Abu Abdullah Muhammad bin Jabir ibn Sinan ar-Raqqi al-Harrani as-Sabi al-Battani ini juga menemukan sejumlah persamaan trigonometri.

Baca Juga: Cetak Sejarah, Belanja Konsumen TikTok Capai Rp 155,5 Triliun

4. Anousheh Ansari

Anousheh Ansari merupakan seorang insinyur asal Iran-Amerika. Ia menjabat sebagai co-founder dan CEO Telecom Technologies. Dia juga menjadi perempuan muslim pertama sekaligus orang Iran pertama yang berhasil terbang ke luar angkasa. Hebatnya lagi, perjalanannya ke luar angkasa didanainya sendiri.

5. Abbas Bin Firnas

Ilmuwan muslim bernama Abbas Bin Firnas merupakan orang pertama di dunia yang membuat konstruksi alat yang bisa terbang. Pada abad ke-9, Abbas Bin Firnas menciptakan sebuah alat terbang bersayap menyerupai burung dan berhasil menerbangkannya di Cordoba, Spanyol. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga