Telaga Ngebel Ponorogo Jadi Andalan Wisata Kota Reog di Jawa Timur

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Senin, 09 Januari 2023
0 dilihat
Telaga Ngebel Ponorogo Jadi Andalan Wisata Kota Reog di Jawa Timur
Telaga Ngebel di Ponorogo jadi salah satu andalan wisata yang menjanjikan di Jawa Timur. Foto: Ist.

" Obyek wisata telaga Ngebel di Kabupaten Ponorogo menjadi salah satu destinasi andalan yang dikenal dengan kesenian reognya "

SURABAYA, TELISIK.ID - Obyek wisata telaga Ngebel di Kabupaten Ponorogo menjadi salah satu destinasi andalan yang dikenal dengan kesenian reognya.

Lokasi telaga itu berada di sisi timur laut Kabupaten Ponorogo yang merupakan kawasan perbukitan. Dari pusat Kota Ponorogo, jarak tempuh menuju telaga Ngebel sekitar 23 Km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Menurut Lilo Widiantoro salah satu pengunjung mengatakan, telaga Ngebel paling ramai pengunjung saat Sabtu dan Minggu ataupun hari besar lainnya.

Baca Juga: 4 Wisata Puncak di Sulawesi Tenggara Wajib Dikunjungi Libur Tahun Baru

"Saya dan keluarga hampir setiap bulan datang ke Ngebel," jelas pria asal Surabaya ini, Senin (9/1/2023).

Pria yang juga karyawan swasta ini mengatakan, destinasi telaga Ngebel yang diandalkan adalah telaga yang menyajikan fasilitas wisata.

"Misalnya ada kereta perahu yang untuk menyewanya murah," jelasnya.

Tak hanya itu, kata Lilo Widiantoro, sarana hiburan kuda juga menjadi daya tarik tersendiri di telaga Ngebel tersebut.

"Cukup dengan mengendarai kuda yang disewakan bisa melepas penat atas aktifitas yang selama ini ditekuni," terangnya.

Senada, Suwanto salah satu warga yang tinggal di sekitaran telaga Ngebel mengatakan, luas telaga mencapai 150 hektare. Hal itu membuat telaga Ngebel dikalim 5 kali lebih luas di banding telaga Sarangan di Magetan yang luasnya 30 hektare.

Baca Juga: Kebun Raya Kendari Semakin Indah dengan Paduan Banyak Warna

Wisatawan, lanjut Suwanto bisa menyusuri jalan yang ada di tepi telaga dengan kendaraan pribadi. Kamu juga bisa naik speed boat atau bus air. Harga speed boat untuk paket lewat tengah telaga Rp 75.000 untuk sekali putaran, Rp 100.000 untuk lewat tepi sekali putaran dan paket komplet Rp 160.000 sekali putaran.

Harga tersebut mengalami kenaikan akibat naiknya harga bahan bakar minyak (BBM). Sebelumnya, paket tengah telaga Rp 60.000, tepi Rp 100.000, dan paket komplet Rp 150.000.

Sebagai informasi, harga tiket masuk ke telaga Ngebel sebesar Rp 15.000 per orang. Pintu masuk telaga ini tidak pernah tutup karena merupakan jalan utama masyarakat. Namun pada siang hari, ada petugas loket yang berjaga. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga