Telan Anggaran Rp 200 Juta, Program Bisnis Center Bakal Diterapkan 2023

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Rabu, 06 Juli 2022
0 dilihat
Telan Anggaran Rp 200 Juta, Program Bisnis Center Bakal Diterapkan 2023
Dikbud Sulawesi Tenggara merancang program bisnis center di tahun 2023 dengan anggaran Rp 200 juta. Foto: Muhammad Ilwanto/Telisik

" Program bisnis center yang dirancang oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara, dipastikan digelar di tahun 2023 mendatang "

KENDARI, TELISIK.ID - Program bisnis center yang dirancang oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara, dipastikan digelar di tahun 2023 mendatang. Program yang dirancang dari dua tahun sebelumnya harus terhambat akibat dana yang dibutuhkan mencapai Rp 200 juta.

Program yang dikhususkan untuk sekolah SMK tersebut, dirancang untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas para siswa, serta memamerkan hasil karya dan inovasi dari berbagai jurusan yang ada di SMK.

Kabid SMK Dikbud Sulawesi Tenggara, La Ode Fasikin mengatakan, bahwa program bisnis center, sebenarnya sudah digagas dari beberapa tahun sebelumnya. Hanya saja selalu mengalami kendala saat akan didirikan.

"Kendalanya selalu di masalah anggaran, karena dalam pembuatan program tersebut, dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Semoga di anggaran perubahan tahun ini, bisa dianggarkan. Sehingga program bisnis center bisa berjalan," ungkapnya Rabu (6/7/2022).

Fasikin menuturkan, bisnis center ini akan menjadi wadah bagi para siswa-siswi SMK, untuk bagaimana bisa memamerkan hasil karya mereka, untuk bisa dipasarkan ke masyarakat umum.

"Sehingga itu akan menjadi wadah edukasi siswa pada dunia kerja sesungguhnya. Di mana mereka akan bekerja dan mencipta karya sesuai dengan keahlian mereka. Untuk melatih dan mempersiapkan mereka, sebagaimana misi SMK, yaitu menciptakan SDM yang siap bekerja," jelasnya.

Baca Juga: Harga Bahan Pokok Jelang Idul Adha Disebut Masih Normal

Nantinya bisnis center, akan dipusatkan di Dikbud Sulawesi Tenggara, dengan melibatkan seluruh SMK yang memiliki jurusan berbasis produksi.

Sementara itu, Kepala SMKN 4 Kendari, Herman mengungkapkan dirinya dan seluruh siswa siap untuk mengikuti program bisnis center, karena itu akan menjadi sebuah wadah yang sangat baik, buat memperkenalkan hasil karya para siswa.

Baca Juga: Lowongan Kerja Kendari: SD Islam Insan Unggul Butuh Guru Matematika, Ini Kualifikasinya

"Sangat mendukung, karena ini menjadi sebuah gebrakan yang cukup baik buat SMK. Artinya kita ada tempat untuk bisa memamerkan hasil produksi yang kami buat. Dan saya yakin, program ini akan sukses karena bakal memperlihatkan hasil karya dari para siswa-siswi," ujarnya. (B)

Penulis: Muhammad Ilwanto

Editor: Musdar

Baca Juga