Telinga Kemasukan Air? Jangan Panik, Ini 8 Cara Mengatasinya

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Senin, 18 Juli 2022
0 dilihat
Telinga Kemasukan Air? Jangan Panik, Ini 8 Cara Mengatasinya
Air yang masuk ke dalam telinga sebenarnya bukan masalah serius. Meski begitu, telinga dapat mengalami infeksi jika dibiarkan dalam waktu yang lama. Foto: Repro Orami.com

" Tanpa perawatan apapun, air dapat keluar dengan sendirinya. Hanya saja jika dibiarkan terlalu lama maka akan menimbulkan infeksi "

KENDARI, TELISIK.ID - Telinga kerap kali kemasukan air saat berenang atau mandi, sehingga kita mungkin tidak dapat mendengar dengan baik atau pendengaran seperti terpendam.

Hal itu tentu membuat kita merasakan sensasi ketidaknyamanan di dalam telinga. Namun jangan khawatir, air yang masuk ke dalam telinga sebenarnya bukan masalah serius.

Sebab, tanpa perawatan apapun, air dapat keluar dengan sendirinya. Hanya saja jika dibiarkan terlalu lama maka akan menimbulkan infeksi.

Mengutip dari Liputan6.com, infeksi tersebut dikenal sebagai otitis externa. Ketika air ada di saluran telinga Anda, bakteri yang hidup di sana sepanjang waktu dapat berkembang biak dan menyebabkan infeksi.

Dalam situasi semacam ini, Anda diminta untuk menghindari penyeka kapas. Sebab, alat ini malah dapat menghilangkan lilin yang melindungi telinga Anda, mengganggu bakteri alami di saluran telinga, atau mengiritasi kulit tipis saluran telinga.

Selain itu, jangan menempelkan jari atau kuku di telinga Anda atau menggaruk kulit saluran telinga yang halus, serta jangan gunakan hidrogen peroksida atau pengeringan tetes.

Lantas bagaimana cara mengeluarkan air dengan mudah dari dalam telinga ?

Berikut 8 cara yang bisa anda lakukan seperti dikutip dari Hellosehat.com:

1. Goyangkan cuping telinga

Agar air cepat keluar, coba miringkan kepala Anda ke sisi telinga yang kemasukan air. Usahakan untuk menggoyang-goyangkan kepala Anda supaya air bisa keluar.

Baca Juga: 8 Tips Jaga Kesehatan saat Musim Hujan

Jika tidak berhasil, goyangkan cuping telinga Anda yang kemasukan air. Lakukan cara ini masih dalam posisi kepala miring dengan bagian luar telinga Anda menghadap bahu.

2. Hisap air dengan telapak tangan

Untuk mengeluarkan air, coba miringkan kepala Anda ke sisi telinga yang bermasalah. Selanjutnya, gunakan telapak tangan Anda untuk menutup telinga yang tersumbat air seolah kepala Anda bersandar pada telapak tangan tersebut.

Gosokkan telapak tangan Anda pada telinga dengan gerakan naik turun agar permukaannya terasa lebih datar.

Tekan telinga Anda dengan kuat dan lepas dengan cepat sampai Anda merasakan sensasi hisapan pada telinga. Air yang terjebak dalam telinga seharusnya akan terisap keluar.

3. Gerakkan rahang dan mulut

Saluran sempit yang menghubungkan rongga telinga dengan bagian belakang lubang hidung Anda bisa tersumbat dan membengkak sehingga air semakin sulit keluar.

Peregangan mulut dan rahang seperti mengunyah dan menguap kadang bisa membantu melegakan saluran yang tersumbat ini. Cobalah untuk menggerak-gerakan rahang dan mulut sampai telinga Anda terasa bebas kembali.

4. Teteskan dengan air

Siapkan air hangat (bukan air panas) dan teteskan pada telinga Anda yang kemasukan air sambil memiringkan kepala hingga telinga yang tersumbat menghadap ke atas.

Diamkan selama kira-kira tiga detik dan miringkan kepala ke sisi yang berlawanan. Tunggu beberapa saat dengan posisi telinga yang kemasukan air menghadap bahu sampai air mengalir keluar.

5. Pakai pengering rambut

Atur pengering rambut (hair dryer) Anda pada kecepatan udara dan suhu yang paling rendah. Beri jarak sekitar 30 sentimeter (cm) dan keringkan dengan gerakan mendekati dan menjauhi telinga yang kemasukan air.

Anda bisa mencoba cara ini sambil menggoyang-goyangkan cuping telinga Anda. Udara panas yang ditiupkan pada telinga akan membantu air menguap lebih cepat.

6. Kompres hangat

Kompres hangat juga bisa membantu Anda mengeluarkan air dari telinga. Berikut cara yang bisa Anda ikuti,

- Basahi kain yang lembut dengan air panas (tidak perlu sampai mendidih) dan peras hingga air tidak menetes dari kain kompres

- Miringkan kepala ke sisi telinga yang bermasalah lalu tempelkan kompres pada bagian luar telinga

- Diamkan selama kira-kira 30 detik dan lepaskan

- Tunggu selama satu menit sebelum mengompresnya lagi.

Ulangi langkah-langkah di atas sebanyak empat hingga lima kali.

Baca Juga: 6 Tips Rahasia Jualan Online, Dijamin Tokomu Laris Manis

Jika air belum keluar juga dari telinga setelah mengompres hangat, Anda bisa mempercepat prosesnya dengan teknik berbaring.

7. Tetes telinga dengan cuka dan alkohol

Sumbatan kotoran telinga mungkin menjadi penyebab dari air masuk ke telinga.

Oleh karena itu, cara mengatasi telinga kemasukan air selanjutnya adalah dengan mengurai gumpalan kotoran telinga (serumen).

Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk meracik obat tetes rumahan untuk mengatasi telinga kemasukan air.

- Campurkan cuka dan alkohol dalam takaran yang seimbang, kira-kira dengan perbandingan 1:1.

- Teteskan sebanyak tiga sampai empat tetes pada telinga yang kemasukan air.

- Pijat ringan bagian luar telinga Anda.

Jika air sulit keluar dari telinga Anda karena tersumbat serumen, cuka akan membantu memecah gumpalan membandel ini.

Sementara itu, alkohol bisa mempercepat proses penguapan air yang terjebak dalam telinga.

8. Biarkan semalaman

Kebanyakan kasus air masuk telinga akan sembuh dengan sendirinya. Jadi, saat Anda hendak tidur di malam hari, miringkan tubuh ke sisi telinga yang bermasalah.

Selama Anda tidur, air akan mengalir keluar sendiri dan membasahi bantal di pagi hari. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga