Tempati Kios, Pedagang Terima Bantuan Rp 5 Juta

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 20 Juni 2020
0 dilihat
Tempati Kios, Pedagang Terima Bantuan Rp 5 Juta
Kios-kios pedagang di lokasi kebakaran. Foto: Sunaryo/Telisik

" Sudah mulai dibangun. Insya Allah tidak akan lama. "

MUNA, TELISIK.ID - Bupati Muna, LM Rusman Emba mulai menyelesailan satu persatu permasalahan di Pasar Sentral Laino. Kini, Ia tengah membangunkan kios untuk menampung pedagang korban kebakaran.  

Ada sekitar 400 kios yang mulai dibangun dengan total anggaran Rp 1 miliar. Lokasinya di 130 unit di pelataran gedung pasar dan sisanya 270 di lokasi kebakaran.

"Sudah mulai dibangun. Insya Allah tidak akan lama," kata Rusman.

Sambil kios-kios dibangun, Pemkab juga tengah melakukan verifikasi terhadap para korban kebakaran untuk diberikan berikan bantuan sebesar Rp 5 juta perorangnya. Tujuanya, agar penerima bantuan tepat sasaran dan tidak dobel.

Baca juga: Polisi Belum Bisa Ungkap Penyebab Kebakaran Pasar Laino

"Acuananya pada buku besar. Setelah itu, akan dilihat apakah aktif berjual dan saat kebakaran barangnya ada atau tidak. Karena, sebagian dari mereka sudah ada yang pindah di gedung baru," ungkapnya.  

Pemberian bantuan dilakukan bila kios telah selesai dibangun dan sudah ditempati pedagang. Dana bantuan bersumber dari hasil refocusing tahap dua yang nilai mencapai Rp 5,3 miliar untuk penanggulangan bencana. Kemudian ditambah Bantuan Provinsi (Banprov) sebesar Rp 1 miliar. Dari total Rp 6,3 miliar disisikan untuk anggaran pembangunan kios dan bantuan.

"Dananya sudah ada, tinggal dibagikan saja. Para pedagang ini selain korban juga merupakan terdampak COVID-19," tukasnya.

Reporter: Sunaryo

Editor: Sumarlin

Baca Juga