adplus-dvertising

Tendang Facebook, TikTok Jadi Aplikasi Paling Banyak Diunduh di Dunia

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 11 Agustus 2021
749 dilihat
Tendang Facebook, TikTok Jadi Aplikasi Paling Banyak Diunduh di Dunia
Platform TikTok jadi aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia. Foto: Repro Kumparan

" TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia tahun lalu. Ini bahkan menyalip Facebook dan platform pesanannya, Messenger. "

JAKARTA, TELISIK.ID - TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia tahun lalu. Ini bahkan menyalip Facebook dan platform pesanannya, Messenger.

Hal ini terungkap melalui pelacak pasar App Annie dikutip Cnbcindonesia, Rabu (11/8/2021). Popularitas aplikasi ini melonjak meskipun ada upaya pelarangan oleh mantan presiden AS Donald Trump.

TikTok, yang dimiliki oleh ByteDance yang berbasis di China, diyakini memiliki satu miliar pengguna di seluruh dunia termasuk lebih dari 100 juta di Amerika Serikat.


Jumlah pengunduh makin bertambah kala Presiden AS saat ini Joe Biden pada Juni mencabut perintah larangan Trump meski tetap memerintahkan peninjauan potensi risiko layanan internet milik asing.

Sebelumnya di 2019, TikTok berada di peringkat keempat aplikasi yang banyak diunduh. Kini, TikTok melangkahi Facebook dan dua raksasa internet AS yang mengirim pesan SMS dan WhatsApp.

 

Baca juga: Mau Ubah Voice Note Jadi Pesan Teks di WhatsApp? Ini Caranya

Selain App Annie, laporan preliminary dari firma riset Sensor Tower juga menunjukkan hasil yang serupa.

Dari laporan Sensor Tower diketahui, TikTok telah diunduh sebanyak 384,6 juta kali selama kurun waktu enam bulan pertama di 2021 ini. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari angka unduhan di toko aplikasi App Store dan Google Play Store.

Dengan angka download yang mencapai 384,6 juta kali, TikTok secara umum mengalahkan jumlah download media sosial raksasa dari keluarga Facebook. Selain paling banyak di-download, TikTok turut menjadi aplikasi yang paling laris di toko aplikasi.

Sensor Tower memproyeksikan, pengguna TikTok menghabiskan lebih dari 920 juta dollar AS (setara Rp 12,1 triliun) di aplikasi selama paruh pertama tahun ini, naik 74 persen jika dibandingkan dengan periode tahun lalu.

Jumlah tersebut merupakan gabungan pembelian aplikasi, berlangganan, dan aplikasi premium dari pengguna TikTok di toko aplikasi App Store maupun Google Play Store, sebagaimana dihimpun dari Sensor Tower. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga