Tenun Masalili dan Ragam Olahan Daun Kelor jadi Andalan Muna di Even Halo Sultra 2024

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Minggu, 19 Mei 2024
0 dilihat
Tenun Masalili dan Ragam Olahan Daun Kelor jadi Andalan Muna di Even Halo Sultra 2024
Proses pembuatan tenun Masalili di Muna, menghasilkan corak dan motif yang indah. Foto: Instagram @annisa_tenun

" Pekan Produk Unggulan dalam even Halo Sultra 2024, Kabupaten Muna hadir dengan membawakan karya asli daerah, baik dari kekayaan budaya dan keahlian lokal "

KENDARI, TELISIK.ID - Pekan Produk Unggulan dalam even Halo Sultra 2024, Kabupaten Muna hadir dengan membawakan karya asli daerah, baik dari kekayaan budaya dan keahlian lokal.

"Melalui ajang ini, Kabupaten Muna ingin menunjukkan kepada dunia bahwa kami memiliki kekayaan budaya dan keahlian yang luar biasa," ujar Samsury, Kepala Bidang Promosi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Muna.

Di stand Kabupaten Muna, pengunjung dimanjakan dengan keindahan seni kerajinan tangan dan cita rasa kuliner otentik. Tentu, kerajinan tangan dari tanaman merambat yang diubah menjadi tempat minuman dalam kemasan, tisu, penutup saji, dan bahkan jam dan tempat buah dari akar kayu jati, menjadi daya tarik utama.

Tak hanya itu, Kabupaten Muna juga memamerkan pesona tenun Masalili yang diwujudkan dalam bentuk tas, kain, dan pakaian dengan motif warna yang ditenun menggunakan alat tradisional.

Di sudut lain, aroma harum minuman herbal dari biji kelor, teh kelor, dan jambu kacang mente, menggoda para pengunjung. Tak ketinggalan, keripik pisang dan rapo-rapo ikan kering sambal goreng siap memanjakan lidah para pecinta kuliner.

"Dengan adanya kegiatan Pekan Produk Unggulan Sulawesi Tenggara ini, para pengrajin dari Kabupaten Muna bisa lebih berkembang untuk memajukan kerajinan Sulawesi Tenggara," tuturnya.

Baca Juga: Tenun Masalili Muna Kembali Raih Juara 1 Lomba Pameran Mini UP2K PKK

Semangat yang sama diungkapkan oleh Azizam, Kepala Bidang Sumber Daya Manusia Dinas Pariwisata Kabupaten Muna.

"Kami ingin Kabupaten Muna lebih dikenal dengan produk-produk unggulan dari kerajinan tangan tenunan dan kerajinan lainnya," harapnya.

Teh kelor Te Wuna, teh berbahan dasar daun kelor yang dibuat oleh UMKM di Muna. Foto: Naryo/Telisik

 

Partisipasi Kabupaten Muna dalam Pekan Produk Unggulan Sulawesi Tenggara 2024 ini bukan hanya ajang pamer produk, tetapi juga cerminan komitmen daerah ini untuk terus berinovasi dan memberdayakan industri lokal.

Pameran Halo Sultra 2024 diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Sulawesi Tenggara, berlangsung dari 27 hingga 30 April 2024 di kawasan Eks MTQ Kendari. Acara ini akan dibuka secara resmi oleh Penjabat (Pj) Gubernur Andap Budhi Revianto.

Kegiatan tersebut akan menampilkan berbagai pertunjukan seni, makanan khas, dan produk unggulan dari 17 kabupaten kota di Sulawesi Tenggara, serta diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Provinsi Sulawesi Tenggara.

Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Keuangan dan Perhubungan, La Ode Saifuddin, mengharapkan perputaran transaksi di kegiatan pameran produk di Halo Sultra 2024 dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan UMKM yang terlibat.

Stan Kabupaten Muna pada acara Pekan Produk Unggulan Provinsi Sulawesi Tenggara 2024. Foto: La Ode Manarfa Nafsahu/Telisik

 

La Ode Saifuddin berharap produk yang dihasilkan dan dipamerkan dapat menjaring respons positif dari masyarakat lokal Sultra serta menciptakan transaksi besar hingga akhir kegiatan.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara, Asrun Lio, menyatakan bahwa Halo Sultra 2024 akan menjadi ajang untuk menampilkan produk dan jasa yang dihasilkan oleh seluruh kabupaten, kota, dan OPD di Sulawesi Tenggara.

Asrun Lio menjelaskan bahwa kegiatan ini akan menampilkan produk berupa jasa dan barang-barang yang memiliki keunikan dan ciri khas dari Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Ayam Gholo dan Tenun Masalili Muna Masuk Nominasi API

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) akan menjadi bintang utama even ini, sekaligus sebagai sarana mempromosikan produk barang dan jasa Sulawesi Tenggara di tingkat nasional hingga internasional.

Produk unggulan yang ditampilkan adalah hasil kerja keras dari UMKM. Melalui ajang pameran ini, UMKM dapat meningkatkan produk-produknya sehingga dapat bersaing di pasar nasional maupun mancanegara.

Tujuan diadakannya kegiatan Halo Sultra 2024 adalah sebagai sarana motivasi bagi pemerintah dan masyarakat untuk mendorong percepatan pembangunan dan kemajuan di Sulawesi Tenggara ke depannya.

Tema yang diangkat menjadi motivasi bahwa untuk menjadi daerah yang maju dan modern, harus terus bergerak dan berbuat, bukan berpangku tangan. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga