Tepis Kabar Miring, Wakil Ketua Komisi VIII Pastikan Dana Haji Tetap Aman

Marwan Azis, telisik indonesia
Rabu, 03 November 2021
0 dilihat
Tepis Kabar Miring, Wakil Ketua Komisi VIII Pastikan Dana Haji Tetap Aman
Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily. Foto: Golkar Pedia

" Kami ingin menyampaikan ke masyarakat tentang kondisi keuangan haji yang selama ini pada saat proses pemberangkatan haji karena pandemi. Karena masih banyak timbul informasi-informasi yang keliru di dalam masyarakat soal dana haji "

JAKARTA, TELISIK.ID - Dana haji yang tersimpan untuk jemaah dari Indonesia tetap aman serta dalam pengelolaan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily merespon adanya kabar miring soal pengelolaan dana haji.

Ace meminta agar masyarakat tidak mudah percaya terhadap kabar yang tidak benar mengenai dana haji.

"Kami ingin menyampaikan ke masyarakat tentang kondisi keuangan haji yang selama ini pada saat proses pemberangkatan haji karena pandemi. Karena masih banyak timbul informasi-informasi yang keliru di dalam masyarakat soal dana haji," kata Ace Hasan dalam keterangan persnya di Jakarta, Rabu (3/11/2021).

Ia mengatakan, informasi palsu yang muncul di antaranya adalah informasi keliru yang menyebut dana haji dipergunakan untuk infrastruktur, serta dana haji dipergunakan untuk hal-hal lain yang bukan untuk kepentingan pemberangkatan haji.

"Kami nyatakan bahwa dana haji aman. Dana haji dikelola dengan baik oleh BPKH dan diawasi langsung oleh kami dari Komisi VIII DPR RI," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Kirim Supres Pengganti Panglima TNI ke DPR Hari Ini, Siapa Dia?

Baca Juga: Jakarta PPKM Level 1, Puan Maharani Ingatkan Pemda Tidak Boleh Lengah

Saat ini kata Ace, dana haji dari jemaah asal Indonesia tercatat pada angka sekira Rp 153 triliun. Sebagian besar dana haji telah diinvestasikan dan juga ada yang ditempatkan di bank penerima setoran yakni Bank Syariah.

"Oleh karena itu, bagi calon jemaah haji, kami mohon tenang. Dana haji aman," tuturnya.

Ace menambahkan, calon jemaah haji bisa mengecek langsung dana haji secara online melalui virtual account yang disediakan Pemerintah Indonesia.

"Cek dana haji bisa dilakukan melalui virtual account. Dana haji dikelola secara transparan," pungkasnya. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga