Terancam Amburadul, Anggaran Pendistribusian Vaksin COVID-19 di Jatim Raib?

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Senin, 04 Januari 2021
0 dilihat
Terancam Amburadul, Anggaran Pendistribusian Vaksin COVID-19 di Jatim Raib?
Ilustrasi vaksin COVID-19. Foto: Repro Tempo.co

" Anggaran sudah kita lobikan di Banggar sebesar Rp 30 milyar. Namun ini tadi saya cek ternyata tidak ada. Kalau kita ambilkan dari bantuan tak terduga (BTT), ternyata katanya anggarannya juga mengecil. Katanya sih lebih fokus ke rumah sakit lapangan. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Pendistribusian vaksin COVID-19 di Jawa Tidur (Jatim) terancam amburadul.

Pasalnya anggaran yang disiapkan di APBD Jatim 2021 untuk tenaga pendamping pendistribusian vaksin COVID-19 sebesar Rp 30 miliar raib.

Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim, Hikmah Bafaqih mengatakan, pihaknya sudah mengajukan anggaran sebesar Rp 30 miliar tersebut di APBD Jatim 2021.

"Anggaran sudah kita lobikan di Banggar sebesar Rp 30 milyar. Namun ini tadi saya cek ternyata tidak ada. Kalau kita ambilkan dari bantuan tak terduga (BTT), ternyata katanya anggarannya juga mengecil. Katanya sih lebih fokus ke rumah sakit lapangan," ungkap politisi PKB ini, Senin (4/1/2021).

Baca juga: Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Abu Vulkanik Tebal Sekira 700 Meter di Atas Puncak

Lebih lanjut, Wanita asal Malang ini mengatakan, raibnya anggaran tersebut mengancam pembagian vaksin di masing-masing daerah di Jatim.

Intinya, sambung Hikmah, pihaknya meminta disegerakan vaksin ini sampai ke kabupaten/kota, dan seterusnya segera disampaikan ke penerima vaksin.

"Kalau pengiriman dan operasional di lapangan butuh biaya, ya, kami minta  pemprov harus menyediakan," pungkasnya.

Sementara itu, sebanyak 77 ribu lebih vaksin COVID-19 tiba di Jatim. Saat ini vaksin tersebut disimpan di gudang penyimpanan Dinas Kesehatan Jatim. (B)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setiawan

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga