adplus-dvertising

Terapi Pasien Stroke Kini Bisa Pakai Teknologi VR

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 09 Desember 2022
212 dilihat
Terapi Pasien Stroke Kini Bisa Pakai Teknologi VR
Teknologi Virtual Reality (VR) yang membuat penggunanya dapat berinteraksi dengan hasil simulasi komputer, dikembangkan untuk digunakan dalam terapi pasien stroke. Foto: Repro Cognihab.com

" Vinera menjadi aplikasi VR pertama yang hadir untuk membantu pelatihan home teraphy bagi penderita stroke di Indonesia "

JAKARTA, TELISIK.ID – Teknologi Virtual Reality atau VR membuat penggunanya dapat berinteraksi dengan hasil simulasi komputer saat ini, tidak hanya dimanfaatkan dalam bermain game.

Mengutip infokomputer.grid.id, sebuah perusahaan start up teknologi imersif asal Yogyakarta bernama Aruvana, mengembangkan produk terapi pasca stroke, Vinera (virtual neuro engineering and restoration).

Vinera menjadi aplikasi VR pertama yang hadir untuk membantu pelatihan home teraphy bagi penderita stroke di Indonesia. Aruvana berkejasama dengan PT Medika Brain Sejahtera dalam pembuatan aplikasi tersebut.


Aplikasi Vinera dibalut dengan sistem gamifikasi untuk membuat pasien pasca stroke manjalani terapi secara mandiri dengan menyenangkan.

Baca Juga: Waspada Gejala Penyakit Batu Empedu Termasuk Komplikasinya

Baca Juga: 6 Manfaat Bermain Sepak Bola untuk Anak

Dalam penggunaannya, pasien akan menjalani skenario latihan yang dibalut tugas. Meski dikerjakan secara mandiri, hasil dari latihan akan dipantau oleh terapis secara berkala melalui daring.

Dengan teknologi VR, proses terapi dapat berjalan secara efektif dibandingkan terapi secara konvensional. Dilansir dari Republika.co.id, pada tahap awal pengembangan ini, Vinera baru diperuntukkan untuk pasien stroke yang memiliki disabilitas pada tangan. Ke depan, teknologi ini akan terus dikembangkan untuk pasien berbagai jenis stroke, dari stroke ringan hingga berat. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga