Terbaik Kedua Kinerja Penyaluran DAK, Pemda Kolut Diganjar Penghargaan dari Kemenkeu RI

Muh. Risal H, telisik indonesia
Kamis, 17 Februari 2022
0 dilihat
Terbaik Kedua Kinerja Penyaluran DAK, Pemda Kolut Diganjar Penghargaan dari Kemenkeu RI
Penyerahan piagam penghargaan oleh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Kolaka, Arif Rokhman, SE, MM kepala Bupati Kolut, Drs. H. Nur Rahman Umar, MH. Foto: Muh. Risal H/Telisik

" Penghargaan itu diperoleh atas prestasinya sebagai terbaik kedua kinerja penyaluran dan pelaporan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik semester kedua tahun 2021 lingkup Provinsi Sulawesi Tenggara "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) kembali mendapat piagam penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Penghargaan itu diperoleh atas prestasinya sebagai terbaik kedua kinerja penyaluran dan pelaporan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik semester kedua tahun 2021 lingkup Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Piagam penghargaan tersebut diserahkan Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Kolaka, Arif Rokhman, SE.,MM kepada Bupati Kolaka Utara, Drs. H. Nur Rahman Umar, MH saat pembukaan MTQ XVI di Alun-alun Kota Lasusua, Selasa (15/2/2022).

Selain dari Kemenkeu RI, Pemerintah Daerah Kolut juga menerima penghargaan dari Gubernur Sultra, H. Ali Mazi, SH atas prestasinya sebagai terbaik pertama capaian realisasi APBD kabupaten/kota se-Provinsi Sultra tahun 2021 dengan persentase capaian 96,49 %.

Piagam tersebut diteruskan dan diserahkan oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kolut, Dr. Taufiq S. SP, MM Kepada Bupati Kolaka Utara.

Capaian tersebut juga mendapat apresisasi dari pemerintah pusat sebagai serapan APBD terbaik kedua secara nasional.

"Alhamdulillah capaian tersebut mendapat apresisasi dari pemerintah pusat sebagai serapan APBD terbaik kedua secara nasional," kata Taufiq.

Sekda Kolut, Dr. Taufiq, SP, MM meneruskan dan menyerahkan piagam penghargaan dari Gubernur Sultra kepada Bupati Kolut, Drs. H. Nur Rahman Umar MH. Foto: Muh. Risal H/Telisik

 

Lebih lanjut, ia menuturkan jika dirinya pernah membaca di media bahwa daerah-daerah dengan realisasi APBD 10 besar secara nasional akan diberikan reward oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah dalam bentuk dana insentif daerah.

"Saya pernah membaca di media, disitu ada pernyataan Pak Menteri bahwa di daerah-daerah dengan realisasi APBD masuk 10 besar secara nasional mereka diberikan reward kepada pemerintah daerah dalam bentuk dana insentif daerah. Namun hal tersebut merupakan keputusan pemerintah pusat sehingga berapa besaran dan mekanismenya bagaimana itu urusan pemerintahan pusat," jelasnya.

Baca Juga: Tabuh Gong MTQ XVI Lima Kali, Simbol Lima Tahun Kepemimpinan An-Nur

Atas capaian tersebut, Bupati Kolut  menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Kolut yang telah menjaga kekompakan sehingga serapan APBD Kolut bagus.

"Olehnya itu, tahun 2022 ini kita berharap capaian tersebut dapat lebih meningkat lagi. Konsistensi ini perlu agar capaian tersebut berlanjut secara berkesinambungan dan kontinu di setiap tahunnya," harapnya.

Tidak hanya Pemda, pada momen pembukaan MTQ tersebut, beberapa instansi dan Kepala Desa juga menerima penghargaan kepatuhan perpajakan, nominasi wajib pajak kategori instansi pemerintah dengan tingkat kepatuhan terbaik tahun pajak 2021 se-Kabupaten Kolaka Utara yang diraih oleh:

Baca Juga: Buka MTQ XVI, Bupati Kolut Ajak Masyarakat Budayakan Gemar Baca Quran

1. Kepala Dinas PUPR Kolut.

2. Direktur BLUD Rumah Sakit Djafar Harun Lasusua.

3. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kolut.

4. Kepala Badan Keuangan Daerah Kolut.

5. Sekertaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kolut.

6. Kepala Desa Beringin, Kecamatan Ngapa.

7. Kepala Desa Mikuasi, Kecamatan Pakue.

8. Kepala Desa Torotuo, Kecamatan Lambai.

9. Kepala Desa Patowonua, Kecamatan Lasusua.

10. Kepala Desa Lawolatu, Kecamatan Ngapa. (C-Telisik)

Reporter: Muh. Risal H

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga