Tergerus Ojek dan Taksi Online, Angkot di Kendari Makin Sepi Penumpang

Siti Nabila, telisik indonesia
Kamis, 25 Juli 2024
0 dilihat
Tergerus Ojek dan Taksi Online, Angkot di Kendari Makin Sepi Penumpang
Sejumlah sopir angkutan kota atau pete,-pete di Kota Kendari mengeluhkan sepinya penumpang. Foto: Nabila/Telisik

" Sejumlah sopir angkutan kota atau pete-pete di Kota Kendari mengeluhkan sepinya penumpang. Kondisi ini diduga akibat makin maraknya ojek dan taksi online "

KENDARI, TELISIK.ID - Sejumlah sopir angkutan kota atau pete-pete di Kota Kendari mengeluhkan sepinya penumpang. Kondisi ini diduga karena mahasiswa tengah memasuki masa libur kuliah.

Kondisi ini juga diduga akibat makin maraknya ojek dan taksi online di Kota Kendari. Hal ini diungkapkan salah satu sopir angkot sekitaran kampus UHO, Dahlan. Saat ditemui Telisik.id dia menuturkan bahwa maraknya ojek dan taksi online menjadi salah satu penyebab utama sepinya penumpang.

"Sekarang ini kendaraan online banyak. Tapi banyak dari mereka itu orang-orang yang mencari tambahan pendapatan. Kami ini sopir angkot cuma cari hidup, bukan cari uang tambahan," ujarnya.

Selain itu, hadirnya ojek online juga berpengaruh pada penghasilan para sopir angkot Kota Kendari, maka tak heran jumlah angkot di Kota Kendari mulai tergerus.

Baca Juga: Pemkot Kendari Usung Program Gerakan Keluarga Sakinah untuk Penurunan Stunting

"Ya sudah begini kehidupan, semakin hari semakin susah cari pekerjaan. Sekalinya ada pekerjaan, harus banyak bersabar karena penghasilan tidak menentu," ujarnya resah, Kamis (25/7/2024).

Perubahan juga sangat dirasakan Amrullah, sopir angkot asal Konawe Selatan. Kepada Telisik.id ia menuturkan, akibat sepi penumpang, kerapkali terlintas keinginan untuk beralih pekerjaan.

Baca Juga: Lapak Jualan di Mandonga Kendari Dibongkar Satpol PP, Pedagang Merasa Tak Diberitahu

Amrullah berharap kondisi ini cepat berlalu, perkuliahan kembali dilaksanakan dan keinginan masyarakat menggunakan angkot kembali ramai.

Sementara itu, Anastasia salah seorang penumpang tujuan Wua-Wua, Kota Kendari, mengaku turut sedih melihat minat masyarakat naik angkot semakin menurun, sangat berbeda dengan dulu.

Kehadiran angkot sangat membantu mobilitas masyarakat yang tidak mempunyai kendaraan atau sengaja tidak menggunakan kendaraan pribadi. Namun seiring berjalannya waktu, populasi angkot mulai menyusut akibat masyarakat lebih memilih menggunakan ojek atau taksi online. (A)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga