Terjadi Hari Ini, Berikut Tata Cara dan Waktu Salat Gerhana Bulan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 26 Mei 2021
0 dilihat
Terjadi Hari Ini, Berikut Tata Cara dan Waktu Salat Gerhana Bulan
Disunnahkan salat pada saat terjadi gerhana bulan. Foto: Repro tirto.id

" Adanya fenomena alam gerhana sebenarnya telah lama dibahas dalam ajaran Islam. Pada zaman Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam, pernah terjadi gerhana matahari yaitu pada hari wafatnya Ibrahim bin Muhammad (Rasulullah). "

KENDARI, TELISIK.ID - Gerhana Bulan Total (GBT) atau super blood moon dilaporkan akan bisa disaksikan dari wilayah Indonesia.

Dilansir dari Suara.com-jaringan Telisik.id, GBT akan terjadi bertepatan dengan detik-detik Waisak pada 15 suklapaksa (paroterang) Waisaka 2565 Era Buddha yang jatuh pada 26 Mei pukul 18.13 WIB dengan jarak 357,461 kilometer (km) dari Bumi.

Gerhana akan dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia dari arah Timur-Tenggara tanpa menggunakan alat bantu optik apapun, terletak di dekat konstelasi Scorpius.

Dengan durasi fase total gerhana yang cukup singkat, yakni 14 menit 30 detik.

Dilansir dari okezone.com, GBT ini merupakan salah satu peristiwa terhalanginya sinar matahari oleh Planet Bumi yang menyebabkan tidak semua cahaya sampai ke bulan. Gerhana bulan total terjadi ketika posisi matahari-Bumi-bulan sejajar.

Dalam peristiwa ini, bulan akan berwarna merah (blood moon). Fenomena ini merupakan peristiwa yang langka dan baru akan terjadi kembali pada 2033.

Adanya fenomena alam gerhana sebenarnya telah lama dibahas dalam ajaran Islam. Pada zaman Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam, pernah terjadi gerhana matahari yaitu pada hari wafatnya Ibrahim bin Muhammad (Rasulullah).

Baca juga: Perjuangan Cinta Beda Agama Putri Rasulullah

Lalu orang-orang berseru terjadi gerhana matahari karena wafatnya Ibrahim. Maka Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam bersabda:

"Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Keduanya tidak terjadi gerhana karena kematian dan kehidupan seseorang. Jika kalian melihat keduanya, berdoalah kepada Allah dan salatlah sampai kembali seperti semula." (Al Mughirah dalam kitab Bulughul Maram Nomor 526).

Adapun waktu pelaksanaan Salat Gerhana Bulan sebaiknya dilakukan sejak dimulainya gerhana atau ketika bulan tertutupi hingga gerhana berakhir alias bulan terlihat seperti kondisi normal.

Salat Gerhana Bulan sebenarnya boleh dilakukan sendiri atau tanpa perlu pergi ke masjid. Tapi sangat disarankan melakukannya secara berjemaah karena Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dahulu mengerjakannya secara berjemaah di masjid dengan khotbah atau tanpa khotbah.

Salat Gerhana Bulan ini dikerjakan 2 rakaat dalam setiap rakaat terdapat 2 kali rukuk.

Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah pun menjelaskan bahwa sebelum Salat Gerhana Bulan dimulai, hendaklah muazin mengumandangkan lafadz 'ash shalaatu jaamiah'.

Berikut tata Cara Salat Gerhana Bulan:

Baca juga: Ini Sifat Buruk Bani Israel-Yahudi yang Diabadikan Al-Quran

Setelah membaca niat Salat Gerhana Bulan, maka berikutnya adalah:

- Takbiratul ihram.

- Membaca Surah Al Fatihah dan surah lainnya. Disunahkan surah yang panjang.

- Rukuk. Disunahkan waktu rukuk lama, seperti waktu berdiri.

- Berdiri lagi, kemudian membaca Surah Al Fatihah dan surah lainnya. Disunahkan lebih pendek daripada sebelumnya.

- Rukuk lagi. Disunahkan waktunya lebih pendek dari rukuk pertama.

- Iktidal.

- Sujud.

- Duduk di antara dua sujud.

- Sujud kedua. 

- Berdiri lagi (rakaat kedua), membaca Surah Al Fatihah dan lainnya.

- Rukuk. Disunahkan waktu rukuk lama, seperti waktu berdiri.

- Berdiri lagi kemudian membaca surah Al Fatihah dan surah lainnya.

- Rukuk lagi. Disunahkan waktu rukuk lebih pendek dari rukuk pertama.

- Iktidal.

- Sujud.

- Duduk di antara dua sujud.

- Sujud kedua.

- Duduk tahiyat akhir.

- Salam.

Begitu salam selesai diucapkan, disunahkan pula untuk berdoa. Berdoa di waktu setelah Salat Gerhana Bulan adalah waktu yang mustajabah untuk berdoa. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga