Terjadi Oktober Mendatang, Ini Wilayah yang Bakal Saksikan Langsung Gerhana Matahari Cincin Api

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 10 September 2023
0 dilihat
Terjadi Oktober Mendatang, Ini Wilayah yang Bakal Saksikan Langsung Gerhana Matahari Cincin Api
Gerhana matahari cincin api bakal terjadi lagi, namun hanya beberapa wilayah saja yang bisa menyaksikan gerhana ini. Foto: Kolase

" Fenomena langit gerhana Matahari "ring of fire" atau cincin api bakal menyapa Oktober mendatang. NASA melalui akun Twitter resminya mengumumkan informasi terkait "

KENDARI, TELISIK.ID - Fenomena langit gerhana Matahari "ring of fire" atau cincin api bakal menyapa Oktober mendatang. NASA melalui akun Twitter resminya mengumumkan informasi terkait.

Pemandangan menyerupai cincin api atau fenomena gerhana Matahari total, akan terlihat di delapan negara bagian Amerika Serikat pada 14 Oktober 2023 seperti dilansir dari Cnnindonesia.com.

Selama peristiwa tersebut, langit di Amerika Utara, Tengah, dan Selatan akan melihat gerhana Matahari parsial yang berlangsung sekitar tiga jam, tetapi cincin api itu terlihat hanya beberapa menit.

Ring of fire

Kabarnya fenomena seperti 'cincin api' atau ring of fire ini akan bergerak dari pantai Oregon hingga Teluk Meksiko. Sebelumnya, masyarakat benua Amerika ini pernah mengalami fenomena serupa gerhana Matahari cincin di Amerika Serikat Bagian Barat Daya pada 20 Mei 2012 silam.

Baca Juga: Fakta Unik Kelelawar Putih, Hewan Mungil Bermuka Babi

Mengutip dari laman Detik.com, gerhana matahari sendiri bisa terjadi ketika bulan baru berada di antara Bumi dan Matahari sehingga terbentuk bayangan di Bumi. Bentuk gerhana Matahari annular atau melingkar dapat terjadi ketika Bulan berada pada wilayah langit yang relatif kecil.

Jika dilihat dari garis annularitas yang membentang dari Oregon hingga Texas, pada 14 Oktober 2023, bulan baru akan terlihat kecil dan hanya menutupi 91 persen dari bulatan Matahari. Hal ini akhirnya yang menyebabkan fenomena gerhana Matahari berbentuk cincin api.

Wilayah yang bisa menyaksikan

Jalur ini akan melewati AS bagian barat sebelum menuju Meksiko, Amerika Tengah, dan sebagian Amerika Selatan. Pemandangan terbaik gerhana Matahari pada 14 Oktober 2023 ini akan berlangsung selama lima menit 17 detik.

NASA mengatakan jalur gerhana mendatang akan melewati delapan negara bagian AS yang dilalui gerhana secara kronologis sebagai berikut:

- Oregon Selatan

- California Timur Laut

- Nevada Utara

- Utah Selatan

- Colorado Barat Daya

- Arizona Timur Laut

- Meksiko Baru

- Texas

Gunakan alat khusus jika ingin melihat langsung.

Baca Juga: Mengenal 3 Fakta Unik Antelop Saiga Asal Asia Tengah

Kacamata khusus untuk gerhana Matahari diperlukan jika ingin melihat langsung ke langit. Bahkan filter Matahari juga diperlukan jika melihat melalui kamera, teleskop, atau teropong karena selain untuk melindungi mata juga untuk melindungi peralatan.

"Selama gerhana cincin, tidaklah aman untuk melihat langsung ke Matahari tanpa pelindung mata khusus yang dirancang untuk melihat Matahari," pesan NASA.

Sementara itu, bagi detikers yang tidak tinggal di area yang dilintasi jalur gerhana tetap bisa melihat fenomena ini secara virtual. Fenomena 'Cincin Api 2023' akan ditayangkan secara live streaming melalui laman timeanddate.com dan Exploratorium San Francisco. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga