Terkendala Anggaran, Satgas COVID-19 Muna Tidak Efektif

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 28 Juli 2021
0 dilihat
Terkendala Anggaran, Satgas COVID-19 Muna Tidak Efektif
Sat Pol PP melakukan operasi yustisi penegakan prokes. Foto: Sunaryo/Telisik

" Penanganan COVID-19 di Kabupaten Muna selama ini belum maksimal. Satgas COVID-19 yang dibentuk sejak tahun 2020 lalu, sudah tidak bekerja efektif. "

MUNA, TELISIK.ID - Penanganan COVID-19 di Kabupaten Muna selama ini belum maksimal. Satgas COVID-19 yang dibentuk sejak tahun 2020 lalu, sudah tidak bekerja efektif.

Buntutnya, kasus terkonfirmasi positif terus mengalami peningkatan hingga membuat Bumi Sowite berada pada level 3.

Pelaksana Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muna, Dahlan Kalega menerangkan, keberadaan Satgas COVID-19 kabupaten saat ini sudah tidak terkoordinir lagi, akibat tidak tersedianya anggaran.  

"Untuk mengaktifkan kembali, konsekuensinya harus ada anggaran insentif dan operasional," kata Dahlan Kalega, Rabu (28/7/2021).

Kasat Pol PP Muna, Bahtiar Baratu mengaku, Satgas yang terdiri dari Dinas Kesehatan (Dinkes), TNI/Polri dan Sat Pol PP selama ini terkesan berjalan sendiri-sendiri alias tidak terpadu.

Baca juga: Krisis COVID-19, Perusahaan dan Kementerian Bantu Jatim Iso Tank Oksigen

Baca juga: Mulai Diserobot Warga, Pengamanan Kawasan Hutan Lindung Warangga Diperketat

Ia mencontohkan instansinya, meski tak didukung anggaran, anggotanya tetap melakukan kegiatan penanganan melalui operasi yustisi penegakan protokol kesehatan (Prokes) dan pembagian masker.

"Meski tidak didukung anggaran, anggota setiap hari tetap turun di lapangan," ujarnya.

Mantan Sekretaris Dinas PUPR itu menerangkan, Satgas sangat penting diaktifkan kembali agar penanganan penyebaran COVID-19 bisa terpadu, seperti halnya tahun 2020 lalu. Begitu ada pasien yang terkonfirmasi positif, Satgas bergerak cepat mencari kontak erat, sehingga tidak menulari orang lain.

Dandim 1416 Muna, Letkol Arm Andi Akbar sepakat Satgas dioptimalkan kembali agar kerja-kerja penanganan dan pencegahan dapat dilakukan secara terpadu.

Sementara itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba menyambut positif pengaktifan kembali Satgas. Ia berjanji Pemkab akan mempersiapkan anggaran untuk operasionalnya.

"Kembali aktifkan Satgas, saya akan konsolidasikan anggarannya," terangnya. (A)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga