Terlihat Sepele, Ini 7 Bahaya Mengucek Mata

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 28 Agustus 2022
0 dilihat
Terlihat Sepele, Ini 7 Bahaya Mengucek Mata
Mengucek mata merupakan reaksi tubuh untuk melumasi saat mata kering, namun dapat meningkatkan risiko beragam gangguan kesehatan mata. Foto: Repro alodokter.com

" Jika sering mengucek mata terutama saat terasa gatal, dapat menyebabkan mata menjadi merah bahkan bisa berdampak buruk bagi mata "

KENDARI, TELISIK.ID - Terkadang ketika merasa gatal pada mata, kita tentu akan menguceknya, cara ini sedikit efektif mengurangi rasa gatal pada mata.

Dikutip dari hellosehat.com, mengucek mata adalah cara untuk merangsang air mata keluar dan kemudian melumasi mata yang kering. Hal ini tentu saja akan membantu mata untuk menghilangkan debu serta zat yang mengiritasi lainnya yang mungkin masuk ke mata.

Namun jika sering mengucek mata terutama saat terasa gatal, hal ini dapat menyebabkan mata menjadi merah bahkan bisa berdampak buruk bagi mata Anda.

Di sisi lain, mengucek mata juga dapat meningkatkan risiko beragam gangguan kesehatan mata. Dilansir dari hellosehat.com dan klikdokter.com, berikut ini bahaya mengucek mata, yaitu:

1. Penyakit mata yang serius

Mengucek mata dapat memicu pelemahan kornea dan distorsi kornea yang disebut keratoconus. Jika kerusakan kornea yang terjadi cukup parah, Anda mungkin memerlukan transplantasi kornea agar kondisi mata bisa kembali seperti semula.

2. Infeksi mata

Salah satu alasan kenapa mengucek mata adalah kegiatan yang kurang baik adalah karena tangan yang Anda gunakan untuk menyentuh mata, mungkin saja dipenuhi dengan bakteri dan parasit yang bisa menyebabkan mata infeksi.

Mata dilindungi dengan membran berlendir, yang berfungsi untuk menjaga kelembaban mata setiap saat dan tempat yang sangat disukai bakteri serta parasit sebagai tempat tinggalnya.

Ketika Anda melakukan berbagai kegiatan, seperti memegang barang, berkontak dengan hewan atau orang lain, dan kemudian tidak mencuci tangan, bayangkan apa yang terjadi jika tangan yang tidak dicuci itu lalu digunakan untuk menyentuh atau menggesek mata terlalu keras.

3. Mata tergores

Bulu mata atau debu yang menempel di mata bikin Anda tergoda untuk mengucek mata. Bukannya baik, hal ini justru bisa menyebabkan tergoresnya kornea mata Anda, bahkan menyebabkan luka pada kornea. 

Baca Juga: 7 Manfaat Menghirup Udara Pagi Hari

Daripada mengucek, lebih baik gunakan air bersih atau tetes mata yang mengandung air mata buatan untuk membilas mata anda agar bersih seperti sedia kala.

4. Kantung mata hitam

Banyak yang beranggapan bahwa kantung mata yang hitam disebabkan oleh kelelahan dan kurang tidur. Tetapi sebenarnya tidak hanya itu yang bisa menyebabkan Anda memiliki kantung mata besar dan hitam.

5. Mata berdarah

Mata berdarah, atau yang disebut dengan subconjunctival hemorrhage adalah kondisi ketika bagian putih mata menjadi memerah karena adanya gumpalan darah. Ini bukan berarti mata Anda mengalami perdarahan.

Kondisi ini bisa terjadi karena mengucek mata terlalu keras. Tekanan pada saat menggesek mata bisa menyebabkan pembuluh darah di dalam mata pecah. Akibatnya, mata pun berubah menjadi kemerahan.

6. Kelopak mata menjadi kendur

Baca Juga: 9 Manfaat Kacang Hijau yang Sayang Dilewatkan

Kelopak mata dapat kehilangan elastisitasnya jika Anda sering mengucek mata. Meski tidak menyebabkan keluhan signifikan, bentuk kelopak mata yang kendur tentu bisa mengganggu penampilan.

7. Memperburuk glaukoma

Jika Anda memiliki glaukoma atau peningkatkan tekanan bola mata, hindari terlalu sering mengucek mata. Mengucek mata ternyata dapat meningkatkan tekanan bola mata, sehingga memperburuk kondisi glaukoma.

Kebanyakan orang yang menderita glaukoma pada awalnya tidak merasakan gejala atau tanda apapun. Sehingga, sering kali penderita datang dengan tingkat keparahan glaukoma yang cukup tinggi dan mengakibatkan ia kehilangan kemampuan penglihatannya, atau bahkan buta. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga