Ternyata di Jepang Tak Ada Tong Sampah, Alasannya Bikin Kagum

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 05 Januari 2022
0 dilihat
Ternyata di Jepang Tak Ada Tong Sampah, Alasannya Bikin Kagum
Tangki debu yang mengurutkan dan memproses sampah di Jepang. Foto: Repro Mbdou.42

" Jepang dikenal sebagai negara dengan pengelolaan sampah terbaik di dunia "

TOKYO, TELISIK.ID - Jepang adalah salah satu negara maju di Asia yang memiliki banyak sekali fenomena masyarakat yang unik. Warga Jepang terkenal dengan kerja keras dan disiplinnya yang tinggi. 

Selain itu Jepang juga dikenal sebagai negara dengan pengelolaan sampah terbaik di dunia. Tak heran jika di Jepang jarang atau bahkan tak ada sama sekali di temukan tong sampah.

Berikut Telisik.id merangkumnya dari berbagai sumber.

1. Warga asli Jepang sangat jarang membuang sampah saat bepergian

Dilansir dari Liputan6.com, warga Jepang selalu membawa kantong untuk menampung sampah mereka sendiri saat berpergian yang nantinya dibuang di tempat sampah dekat rumah mereka.

2. Harus memisahkan sampah kaleng dan botol plastik saat membuangnya

Bagi seorang wisatawan dari negara lain, tentu hal ini akan membingungkan dan menjadi sebuah pertanyaan tersendiri. Kenapa harus repot-repot untuk membuang sampah secara berbeda bila nantinya akan tertampung dalam satu kantong yang sama.

Mengutip dari soranews24 yang menanyakan hal tersebut kepada salah satu produsen minuman kemasan terbesar di Jepang, Selasa (10/9/2019), pihak tersebut mengatakan, "Mereka dirancang sedemikian rupa untuk membuat orang menyadari perlunya memisahkan sampah daur ulang dari sampah lain."

Alasan di baliknya adalah untuk membuat orang-orang, khususnya warga asli Jepang selalu memisahkan sampah-sampah yang mereka hasilkan. Sedangkan tempat sampah yang ada di jalanan kota-kota besar atau dekat dengan mesin penjual otomatis itu adalah tempat sampah yang berbeda bila dibandingkan dengan sampah yang ada di perumahan.

3. Punya sembilan jenis wadah sampah di rumahnya

Di Jepang, setiap warga mempunyai sembilan jenis wadah sampah di rumahnya. Sementara di airport hanya tiga jenis yang terdiri dari botol kaca, plastik, dan kertas atau yang bisa dibakar.

Baca Juga: Putri Kerajaan Tercantik dan Paling Modis di Dunia, Pria Pasti Suka

Akun YouTube Hendrik Ronald mengatakan, ternyata mereka yang hendak buang sampah ketika jalan-jalan di kota harus membawa pulang sampah itu ke rumah.

"Kebanyakan orang ketika hendak membuang sampah, mereka harus membawa pulang sampah ke rumah mereka," kata Hendrik ketika berada di Kota Sapporo Jepang, dilansir dari Jurnalsoreang.

Baca Juga: Ternyata China Punya Lomba Paling Mesum, Ada Kontes Pamer Payudara Terindah

Ia mengatakan, di simpang jalan yang lengang, kosong, tak ada tong sampah. "Kan gini, kalau ada tong sampah, orang cenderung mau membuang sampah, dan ketika tong sampah sudah penuh, orang bisa membuang sampah di luarnya. Jadi sampah bisa terbang ke mana-mana. Ini tidak efisien karena sampah sudah bercampur," tuturnya. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga