Ternyata Ini 4 Bahaya Jika Minum Kopi Tiap Hari

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 04 Januari 2022
0 dilihat
Ternyata Ini 4 Bahaya Jika Minum Kopi Tiap Hari
Ilustrasi minum kopi. Foto: Repro Getty Images/iStockphoto

" Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk "

KENDARI, TELISIK.ID - Kopi saat ini sedang digandrungi semua kalangan, mulai dari anak remaja hingga orang dewasa. Alhasil, banyak pelaku usaha membuka bisnis warung kopi.

Mengutip santosjayaabadi.co.id, kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk.

Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).

Minum yang khas dengan rasa pahit ini memang sudah banyak diteliti, baik itu manfaat sekaligus efek negatifnya. Namun tetap menjadi minuman trend saat ini.

Namun amankah jika seseorang minum kopi setiap hari? Banyak studi yang telah mengamati manfaat kopi untuk kesehatan tubuh.

Melansir hellosehat.com, seorang pendiri Rush University Family Physicians, Steven Rothschild, MD menjelaskan berbagai manfaat kopi untuk kesehatan.

Biji kopi mengandung banyak senyawa antioksidan yang dapat membantu mencegah berbagai penyakit, seperti masalah pada liver, penyakit Parkinson, dan demensia.

Hanya saja, sekalipun membawa manfaat yang lumayan melimpah, ternyata minum kopi setiap hari juga bisa mendatangkan efek samping yang bahaya bagi tubuh.

Berikut efek samping yang harus diwaspadai jika minum kopi setiap hari:

1. Meningkatkan risiko penyakit jantung

Salah satu bahaya dari minum kopi setiap hari adalah meningkatnya risiko penyakit jantung. Dalam studi tersebut, dua cangkir kopi atau lebih setiap harinya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Ini 6 Cara Cegah Anak Jatuh Sakit di Musim Hujan

Risiko ini kemungkinan besar terjadi pada orang dengan mutasi genetik tertentu. Mutasi gen tersebut membuat proses pemecahan kafein di dalam tubuhnya berjalan lebih lambat.

2. Aktivitas harian terganggu

Bahaya dari minum kopi setiap hari selanjutnya adalah munculnya kegelisahan dan kecemasan. Apalagi jika diminum pada waktu yang salah, seperti sore atau malam hari.

Akibatnya, seseorang bisa jadi sulit tidur dan bangun dengan tubuh kelelahan.

Kopi juga dapat menyebabkan ketergantungan. Jika Anda terbiasa minum kopi setiap hari, tubuh akan terbiasa dengan adanya kafein.

Apabila kebiasaan ini terlewat satu hari saja, tubuh akan menunjukkan gejala ‘penarikan kafein’. Biasanya hal ini akan menimbulkan sakit kepala, mood jelek, dan perasaan seperti bingung.

3. Masalah pada gigi dan gusi

Selain lambung, bahaya dari ngopi setiap hari juga menyerang gigi dan gusi. Kopi yang biasanya diminum cenderung mengandung banyak gula dan tanin yang asam.

Keduanya dapat mengikis lapisan pelindung gigi (enamel) secara perlahan.

Baca Juga: Waspada, 5 Dampak Buruk Penggunaan Kipas Angin Bagi Bayi

Selain itu, kopi juga menyebabkan warna gigi menjadi kekuningan dan membuat plak semakin lengket menempel di gigi. Jika kebiasaan ini terus dilakukan tanpa memerhatikan kebersihan gigi, masalah gigi dan gusi bisa terjadi.

4. Mengancam kesehatan lambung

Kopi memiliki rasa asam sehingga sebaiknya dihindari oleh orang yang memiliki luka atau masalah di lambung.

Jika punya kebiasaan minum kopi setiap hari di waktu pagi, sistem pencernaan bisa terganggu. Apalagi jika meminumnya saat perut masih kosong. Asam yang dimiliki kopi bisa memicu asam lambung.

Tanpa adanya makanan, cairan asam yang telanjur keluar tidak terpakai untuk mencerna makanan. Akhirnya, asam lambung pun menggenang di lambung.

Akibatnya, cairan asam yang bersifat korosif ini bisa merusak lapisan lambung jika terjadi secara terus-menerus. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga