Ternyata Ini Dia Amalan Penggugur Dosa Hanya Dalam Hitungan Menit

Irawati, telisik indonesia
Rabu, 16 Februari 2022
0 dilihat
Ternyata Ini Dia Amalan Penggugur Dosa Hanya Dalam Hitungan Menit
Ada zikir yang bila dibaca, dapat menghapuskan dosa meskipun sebanyak buih di lautan. Foto: Repro umma.id

" Barang siapa yang mengamalkan 3 zikir tersebut, walaupun dosanya sebanyak buih di laut, Allah akan mengampuni "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam kehidupan ini, setiap manusia pastinya pernah melakukan kesalahan atau dosa, baik kecil maupun besar. Atas dosa yang telah dilakukan tersebut, kita harus senantiasa meminta ampun kepada Allah karena sungguh azab Allah di akhirat akan lebih pedih.

Dosa merupakan perbuatan yang dilakukan seorang mukallaf yang melanggar hukum Allah SWT. Dosa adalah perbuatan yang melanggar hukum Allah atau agama.

Dalam ajaran agama Islam, manusia adalah tempat salah dan dosa. Oleh sebab itu, salah satu cara menghapuskan dosa adalah dengan meminta ampunan kepada Allah SWT.

Mengutip pikiran rakyat.com, dalam sebuah hadis menjelaskan, jika mengamalkan amalan ini, dosa yang kita lakukan akan gugur dalam hitungan menit.

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Artinya: “Barangsiapa yang mengucapkan:  "subhanallahi wabihamdi" (Maha suci Allah dan dengan segala pujian hanya untuk-Nya) sehari 100 (seratus) kali, maka kesalahan-kesalahannya akan diampuni (Allah) walaupun sebanyak buih di lautan.” (HR. Imam Al-Bukhari no. 5926 dan Muslim no. 2691).

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Artinya: “Barang siapa yang ketika pagi dan sore membaca: "subhanallahi wabihamdi" (Maha suci Allah dan dengan segala pujian hanya untuk-Nya) sebanyak 100 (seratus) kali, maka pada hari kiamat tidak ada seorang pun yang akan mendatangkan amalan yang lebih utama daripada apa yang dia datangkan. Kecuali, orang yang juga mengucapkan bacaan seperti itu atau lebih dari itu.” (HR. Muslim no. 2692).

Mengutip kompas.tv, waktu yang dibutuhkan selama berzikir ini tidaklah lama. Bisa dilafalkan sebanyak 99 kali dan jika anda menggunakan tasbih atau menghitung dengan jemari, lama waktu yang diperlukan kurang lebih 3 menit.

Baca Juga: Inilah Gambaran Neraka Menurut Al-Quran dan Hadis, Sungguh Mengerikan

"Kalau dibaca dengan tenang, tidak sampai 3 menit. Baca 99 kali," papar almarhum Syekh Ali Jaber dalam sebuah ceramah di akun YouTube Pelemah Daun Kurma.

Dalam sebuah hadis disebutkan tentang pahala zikir ringan. Jika diamalkan, bisa menggugurkan dosa-dosa yang begitu banyak.

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang mengamalkan 3 zikir tersebut, walaupun dosanya sebanyak buih di laut, Allah akan mengampuni.”

Tapi, satu hal yang perlu kita disadari, bahwa diterimanya amalan-amalan kita adalah ketentuan atau rahasia Allah SWT. Tugas kita hanyalah berikhtiar, berzikir, lalu pasrahkan segalanya kepada-Nya.

Baca Juga: Manfaatnya Luar Biasa, Jangan Remehkan Doa

Zikir Ringan Usai Salat Penggugur Dosa

Subhanallah, Walhamdulillah Allahu akbar (Maha Suci Allah, segala Puji Bagi Allah, Allah yang Maha Besar) 3 bacaan zikir yang masing-masing dibaca 33 kali tersebut jika dijumlah menjadi 99 kali.

Jadi, banyak amalan yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari yang Insya Allah akan menggugurkan dosa-dosa yang kita lakukan dengan bersungguh-sungguh dan mengharap ampunan kepada Allah SWT. Dengan segala kerendahan hati dan mengharapkan ampunan dari-Nya, dengan keistiqomahan semoga kita bisa melakukannya secara bertahap. (C)

Reporter: Irawati

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga