Ternyata Ini Kota Paling Aman di Dunia, Jakarta Urutan 46

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 28 November 2021
0 dilihat
Ternyata Ini Kota Paling Aman di Dunia, Jakarta Urutan 46
Wargen Denmark yang berkendara sepeda. Foto: Repro Unsplash

" Safe City Index (SCI) Economist Intelligence United melaporkan peringkat 60 kota teraman dari tujuan internasional para wisatawan. Dimana, peringkat tersebut dilihat dari aspek keamanan digital, keamanan kesehatan, infrastruktur, keamanan pribadi, serta lingkungan yang menjadi tolak ukur penilaian "

COPENHAGEN, TELISIK.ID - Safe City Index (SCI) Economist Intelligence United melaporkan peringkat 60 kota teraman dari tujuan internasional para wisatawan.

Dimana, peringkat tersebut dilihat dari aspek keamanan digital, keamanan kesehatan, infrastruktur, keamanan pribadi, serta lingkungan yang menjadi tolak ukur penilaian.

Pada urutan pertama, ada ibu kota Denmark, Kopenhagen yang resmi dinobatkan sebagai kota teraman di dunia. Dengan mencetak 82,4 poin dari 100 dalam laporan tahunan.

"Salah satu faktor kunci yang membuat Kopenhagen menjadi kota yang aman adalah tingkat kejahatannya yang rendah, saat ini berada pada tingkat terendah dalam lebih dari satu dekade," kata Larss Weiss, lord mayor of Copenhagen, dikutip SIC, Minggu (28/11/2021).

Baca Juga: Wow, Ternyata Air Putih Termahal di Dunia Sebotolnya Dijual Rp 846 Juta

Lalu tempat kedua, ada Toronto, Kanada dengan catatan poin sebesar 82,2 poin, sementara itu Singapura di urutan ketiga dengan poin 80,7 poin.

Dilansir Cnbcindonesia, posisi ibu kota Indonesia, DKI Jakarta, dalam laporan berhasil menempati urutan ke-46 dalam daftar kota teraman di dunia tahun 2021. Peringkat ini berada di bawah Bangkok, Quito dan Ho Chi Minh City.

"Kami tentu bersyukur bahwa Jakarta masuk dalam salah satu kota teraman di dunia nah kami ingin dorong lebih jauh lagi," kata Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta.

Baca Juga: Arab Saudi Izinkan Warga Indonesia Masuk Tanpa Transit

Selain itu, Anies Baswedan mengatakan, salah satu satu upaya pihaknya memastikan keamanan warga Jakarta adalah memanfaatkan aplikasi-aplikasi teknologi untuk memberikan perlindungan.

Dua tahun lalu, kata Anies, pihaknya sudah meluncurkan aplikasi perlindungan untuk perempuan sehingga kaum wanita yang mengalami masalah bisa langsung melaporkan melalui aplikasi tersebut. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga