Ternyata Ini Penyebab Sering Pemadaman Listrik di Kota Kendari

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 03 Oktober 2023
0 dilihat
Ternyata Ini Penyebab Sering Pemadaman Listrik di Kota Kendari
Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Kendari, Eko Ridwan mengatakan, badai elnino menjadi penyebab pemadaman listrik bergilir akhir-akhir ini. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Akhir-akhir ini banyak terjadi pemadaman listrik bergilir di Indonesia, termasuk Sulawesi Tenggara. Hal ini ternyata bukan tanpa alasan, melainkan akibat dari fenomena iklim badai elnino "

KENDARI, TELISIK.ID - Akhir-akhir ini banyak terjadi pemadaman listrik bergilir di Indonesia, termasuk Sulawesi Tenggara. Hal ini ternyata bukan tanpa alasan, melainkan akibat dari fenomena iklim badai elnino.

Hal itu dikatakan Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Kendari, Eko Ridwan saat dikunjungi di kantornya, Selasa (3/10/2023).

Saat ini PLN di Sulselbar menggunakan energi terbarukan yang sebagian besar dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Badai ehnino membuat kemarau dan kekeringan yang berakibat menurunnya pasokan air di PLTA.

Baca Juga: Antisipasi Konflik dan Deteksi Dini Kerawanan Pemilu, Polda Sulawesi Tenggara Gelar Rakor Mantap Brata

Debit air PLTA yang menurun tak mampu memenuhi kebutuhan listrik di daerah secara keseluruhan. Sehingga mesti diatur pemadaman listrik bergilir.

Upaya lain yang dilakukan pihaknya dalam mengatasi hal tersebut adalah dengan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). TMC adalah teknologi yang dapat mencegah hujan atau untuk membuat hujan buatan.

TMC terbukti efektif dapat mengendalikan bencana sejak dulu, mulai dari mengatasi kekeringan, mengisi waduk hingga mencegah banjir.

Baca Juga: Cegah Aksi Bully, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Masuk Sekolah

Selain itu, PLN juga instruksikan beberapa unit pengguna listrik skala besar seperti hotel-hotel di Kota Kendari untuk memanfaatkan gensetnya di banding menggunakan listrik dari PLN agar pengalokasian listrik untuk masyarakat biasa lebih leluasa.

Untuk warga Kota Kendari, info pemadaman listrik dapat terus Anda pantau di instagram PLN @PLNUP3Kendari. Seperti hari ini saja terpantau untuk Unit Layanan Pelanggan (ULP) daerah Benu-Benua, Wua-Wua, Unaaha, Kolaka Utara, Bombana, Konawe Selatan bakal padam di pukul 19.00-22.00.

Jadwal pemadaman lainnya bisa terus Anda pantau di Instagram tersebut. Meski begitu, masyarakat tak perlu khawatir, pemadaman listrik bergilir dipastikan tak akan lebih dari tiga jam. (B-Adv)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga