Ternyata Ini Rahasia Orang Terkaya di Dunia, Ada Tips Bernard Arnault

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 28 Januari 2024
0 dilihat
Ternyata Ini Rahasia Orang Terkaya di Dunia, Ada Tips Bernard Arnault
CEO barang mewah LVMH, Bernard Arnault mengalahkan kekayaan Elon Musk pada Januari 2024. Foto: Mediaasuransinews.co.id

" Menjadi seorang milyuner atau orang terkaya di dunia, tak serta merta diraih begitu saja. Ada pengorbanan dan usaha yang tak main-main "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjadi seorang milyuner atau orang terkaya di dunia, tak serta merta diraih begitu saja. Ada pengorbanan dan usaha yang tak main-main.

Miliuner asal Amerika Serikat, Grant Cardone membagikan rahasianya menjadi seorang milyuner. Ia memulai hidup tanpa uang sepeser pun, butuh waktu 20 tahun jatuh bangun sebelum ia mencapai kekayaan bersih senilai jutaan dolar.

Sekarang, pada usia 64 tahun, Cardone telah mendapatkan penghasilan dari 18 perusahaan yang dia dirikan dan memiliki 12.000 unit apartemen. Berikut tips menjadi seorang milyuner, dilansir dari Cnbcindonesia.com:

1. Tidak langsung mendiversifikasi investasi

Secara umum mendiversifikasi portofolio dengan berinvestasi dalam campuran berbagai saham, reksa dana, dan investasi lainnya adalah praktik yang baik. Tetapi ketika orang-orang terkaya membangun kekayaan bersih mereka, mereka sering mengerjakan proyek sendiri, dan kemudian melakukan diversifikasi saat mulai menghasilkan lebih banyak keuntungan.

Baca Juga: Tips Hilangkan Ngantuk di Pagi Hari

Elon Musk, misalnya, yang mempertaruhkan US$22 juta yang ia hasilkan dengan menjual perusahaan pertamanya, sebuah direktori bisnis online bernama Zip2. Uang dari hasil menjual perusahaan tersebut ia gunakan seluruhnya untuk bisnis berikutnya, layanan perbankan online bernama X.com.

Setelah X.com bergabung dengan PayPal, dia menghasilkan US$180 juta dari penjualan PayPal ke eBay. Strategi itu memberi Elon Musk uang untuk berinvestasi di Tesla, SpaceX, dan usaha lainnya yang membuatnya menjadi orang terkaya sejagad raya.

2. Utang adalah untuk bisnis

Ketika Cardone membangun kekayaan bersihnya, ia tidak menumpuk hutang untuk pembelian yang tidak penting seperti pakaian desainer atau rumah mewah. Sebaliknya, ia ingin menggunakan semua yang dia hasilkan untuk menghasilkan lebih banyak uang.

"Bagi saya, (utang) itu memasukkan penghasilan saya ke dalam bisnis saya. Saya juga membayar tunai untuk rumah, dan saya tidak pernah mengakumulasikan bunga kartu kredit," kata Cardone.

3. Berinvestasi dalam koneksi sendiri

Semakin seseorang mengenal Anda, semakin mereka akan mempercayai bakat dan keterampilan Anda. Kepercayaan ini mengarah pada peluang yang lebih baik, pengambilan keputusan yang lebih cepat, dan margin yang lebih tinggi. Jadi investasikan waktu dan sumber daya untuk membangun dan memelihara koneksi yang tepat.

"Saya tidak pernah memiliki seseorang yang berinvestasi dengan orang yang tidak mengenal saya. Dan sebagian besar real estat yang saya miliki saat ini dibeli dari penjual yang memilih saya daripada pembeli lain yang memenuhi syarat karena kami memiliki koneksi," tambahnya.

4. Rahasia kekayaan Bernard Arnault

Menurut Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly, ada 3 strategi yang bisa diterapkan oleh pemilik bisnis untuk dapat menguasai pasar:

- Punya discriminator dengan bisnis lain

Strategi bisnis pertama adalah pemilik bisnis harus memiliki discriminator, yaitu sebuah ciri khas dan pembeda yang hanya dimiliki oleh bisnisnya dan tidak dimiliki oleh bisnis lain yang bukan dari segi harga.

Salah satu discriminator dari brand LVMH adalah dengan mengkomunikasikan bahwa brand milik LVMH eksklusif, hanya bisa didapatkan di lokasi tertentu, diproduksi dengan jumlah terbatas, dan dibuat oleh desainer ternama.

- Rahasia bisnis dengan sistem yang berjalan

Membuat sebuah sistem yang praktis, mudah dimengerti, diterapkan dan dijalankan oleh seluruh team merupakan sebuah kewajiban. Tanpa ada sistem, pekerjaan di bisnis akan berantakan, tidak adanya kejelasan tanggung jawab dan pekerjaan tim, serta semua instruksi terpusat di pemilik bisnis.

Oleh karena itu, pemilik bisnis wajib membuat sistem yang simpel, mudah diterapkan, agar bisnis berjalan sistematis dan pemilik bisnis tidak terjebak mengurus bisnis 24 jam, seperti dilansir dari Mediaasuransinews.co.id.

Baca Juga: Pertolongan Pertama jika Terkena Gigitan Ular

- Bangun super team

Rahasia bisnis ketiga yang harus diterapkan oleh pemilik bisnis adalah dengan membangun superteam, karena team adalah salah satu aset paling berharga di bisnis.

Untuk membangun superteam pebisnis harus merekrut orang yang tepat, di posisi yang tepat, dan diwaktu yang tepat, sehingga team yang direkrut akan bekerja dengan optimal dan membawa bisnis ke level yang lebih tinggi

Arnault melewati Musk untuk menjadi orang paling kaya di dunia bulan lalu. Dia masih memegang gelar itu hingga hari ini, menurut perkiraan dari Forbes dan Bloomberg. Forbes mematok kekayaan bersihnya sebesar USD 191 miliar, sementara Bloomberg memperkiraan yang lebih konservatif sebesar USD 172 miliar.

Ternyata rahasia menjadi miliarder selama bertahun-tahun ini dan orang terkaya di dunia dia pelajari dari Steve Jobs dan Warren Buffett untuk membangun kekayaan dan naik peringkat. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga