adplus-dvertising

Ternyata Ini Sebabnya Sinyal Ponsel Sering Lemot Saat Hujan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 03 Januari 2022
439 dilihat
Ternyata Ini Sebabnya Sinyal Ponsel Sering Lemot Saat Hujan
Ketika hujan turun, sinyal ponsel bisa saja tiba-tiba jadi lemot. Foto: Repro Winnetnews

" Saat terjadi hujan, pancaran sinyal dari menara ke ponsel bisa terganggu karena terpotong aliran air hujan "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagian masyarakat ketika hujan turun, tidak hanya mengkhawatirkan akan terjadi banjir, tapi juga sinyal ponsel yang tiba-tiba lemot.

Pasalnya, ponsel saat ini seolah sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Sebab berbagai aktivitas kini banyak dilakukan lewat ponsel.

Alhasil, banyak orang yang langsung salahkan provider internet. Karena keberadaan hujan memang sangat mempengaruhi pancaran sinyal ke ponsel.


Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, awal mulanya karena sinyal pada ponsel didapat dari menara pemancar sinyal atau Base Transceiver Station (BTS). Fungsi dari menara tersebut memang untuk mengirimkan sinyal ke ponsel.

Dikutip dari Ruang Guru, dijelaskan bahwa tanda bar yang ada pada layar ponsel menunjukkan seberapa kuat sinyal yang dipancarkan dari menara ke ponsel, setelah proses registrasi dinyatakan selesai dan datanya valid.

Saat terjadi hujan, pancaran sinyal dari menara ke ponsel bisa terganggu karena terpotong aliran air dari langit. Semakin deras hujan, maka gangguan pancaran sinyal juga bisa makin terganggu.

Baca Juga: Hemat Kantong dan Bebas Hujan, NMAX Versi 4 Roda Cuma Rp 30 Jutaan

Singkatnya, keadaan cuaca yang tidak bagus berdampak pada kecepatan pengiriman koneksi data seluler dari menara pemancar ke ponsel.

Butiran air hujan itu menyebabkan gelombang sinyal berganti arah. Sehingga panjang gelombang berkurang dan frekuensinya melemah. 

Apabila hujan disertai dengan angin kencang, ada kemungkinan gangguan distribusi sinyal gelombang makin besar. Akibatnya, sinyal ponsel termasuk koneksi internet makin buruk.

Baca Juga: Ini Cara Terbaru Dapatkan Uang dari TikTok, Bisa Jadi Sultan

Kondisi itu terjadi karena saat angin bertiup kencang, bisa saja terjadi pergeseran antena atau kabel yang ada di menara BTS. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali 

Baca Juga