Ternyata Orang Amerika Lebih Suka Bangun Rumah Kayu Ketimbang Semen, Alasannya Mengejutkan

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 05 Januari 2022
0 dilihat
Ternyata Orang Amerika Lebih Suka Bangun Rumah Kayu Ketimbang Semen, Alasannya Mengejutkan
Salah satu rumah kayu di Amerika Serikat. Foto: Archify.com

" Pemilihan rumah dengan bahan utama dari kayu di Amerika Serikat tak memandang status sosial "

AMERIKA, TELISIK.ID - Bagi yang hobi menonton film Amerika Serikat atau Hollywood, pernahkah menyadari bahwa hampir semua rumah di Negeri Paman Sam terbuat dari kayu?

Pemilihan rumah dengan bahan utama dari kayu di Amerika Serikat tak memandang status sosial. Kaya maupun miskin, kebanyakan orang AS lebih menyukai menggunakan rumah kayu ketimbang menggunakan batu bata dan semen. 

Dari beberapa alasan, pemilihan rumah kayu terutama didasari motif ekonomi. Dikutip dari laman Homely Ville, berikut ini alasan orang AS lebih memilih menggunakan rumah kayu.

1. Harga kayu relatif terjangkau

Sebagai salah satu negara dengan daratan paling luas dunia, AS adalah negara penghasil kayu hutan yang terbilang besar. Harga kayu pun masih relatif terjangkau dibandingkan membeli semen. 

Baca Juga: Ternyata di Jepang Tak Ada Tong Sampah, Alasannya Bikin Kagum

Kayu untuk bahan bangunan sangat melimpah di AS yang dihasilkan dari hutan produksi di banyak negara bagian. Selain itu, membangun rumah kayu lebih cepat selesai, sehingga biaya pembangunan bisa ditekan. 

Membayar tukang bangunan sangatlah mahal di AS. Rumah kayu adalah tempat tinggal yang bisa dibangun dengan cepat dan mudah. 

2. Ketersediaan tukang bangunan

Dilansir Kompas.com, tukang bangunan adalah faktor penting dalam komponen biaya membangun rumah. Berbeda dengan di Indonesia yang mana tukang bangunan lebih melimpah dengan keahlian semen dan coran beton, di AS justru sebaliknya.

Negara itu adalah salah satu penghasil para tukang kayu terbaik dan terbanyak di dunia. Banyak perusahaan kontraktor bangunan yang memiliki spesialisasi di bidang kayu. 

Sebaliknya, sangat sedikit tukang bangunan yang memiliki keahlian membangun rumah beton. Sehingga hal ini berdampak pada biaya yang harus dikeluarkan.

3. Budaya

Faktor budaya juga tak kalah penting. Orang Amerika Serikat cenderung mudah berpindah-pindah tempat mengikuti lokasi pekerjaan. 

Baca Juga: Ini Orang Paling Menakutkan di Dunia, Kuliti Mayat Manusia Jadikan Masker

Orang AS berpikir, untuk apa membangun rumah mahal dan bisa bertahan lama hingga puluhan tahun, bahkan ratusan tahun, jika nantinya harus ditinggalkan suatu saat nanti. 

Saat orang tua meninggal, tak jarang ditemui rumah kayu peninggalannya akan dijual. Sang anak bisa memilih tinggal di mana pun sesuai keinginannya. Rumah dari kayu tentunya relatif lebih praktis untuk mereka yang seringkali tidak menetap secara permanen. 

4. Bencana alam

Di bagian tengah daratan AS yang kerap dilanda bencana tornado, rumah dari kayu juga lebih aman bagi penghuninya. Selama ratusan tahun, rumah dengan konstruksi beton rupanya juga tidak berdaya menghadapi angin tornado. 

Selain itu, saat cuaca dingin, rumah kayu juga lebih hangat. Itulah beberapa alasan rumah kayu jadi pilihan di Amerika Serikat. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga