Terpantau Google 24 Jam? Begini Cara Stop Pelacakan dan Hapus Data Pribadi dari Riwayat Pencarian

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Jumat, 12 Juli 2024
0 dilihat
Terpantau Google 24 Jam? Begini Cara Stop Pelacakan dan Hapus Data Pribadi dari Riwayat Pencarian
Google merupakan salah satu mesin pencarian paling banyak digunakan saat ini. Foto: Repro istockphoto

" Bukan rahasia lagi kalau Google memantau pengguna selama mereka menggunakan layanan. Namun ternyata ada cara untuk menghentikan Google melacak aktivitas kita di dunia maya "

JAKARTA, TELISIK.ID - Bukan rahasia lagi kalau Google memantau pengguna selama mereka menggunakan layanan. Aktivitas ini masih terjadi meski riwayat lokasi sudah dinonaktifkan.

Cara yang digunakan Google ini bisa jadi salah satu alasan mengapa pengguna sering menemukan iklan sebuah produk di internet ketika produk tersebut baru saja dibicarakan.

Ada cara untuk menghentikan Google melacak aktivitas kita di dunia maya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut, seperti dilansir dari CNBC Indonesia, Jumat (12/7/2024):

Buka laman Google.com dari browser desktop atau mobile. Masuk ke akun Google, pilih menu Manage your Google Account. Pada Privacy & Personalization, pilih Manage your Data & Personalization. Berikutnya, scroll layar ke bawah dan pilih Manage your Activity Controls.

Lalu, akan terlihat boks bernama Web & App Activity, geser toggle untuk mematikannya. Setelah itu, akan muncul pemberitahuan memastikan pengguna paham apa yang dilakukan dengan menonaktifkan pengaturan, kemudian pilih Pause.

Setelah langkah-langkah tersebut dilakukan, maka fitur pemantauan Google akan dimatikan. Jadi pengguna tidak akan melihat iklan dan rekomendasi penelusuran yang relevan.

Sebaliknya, iklan yang hadir kurang relevan serta rekomendasi penelusuran kurang bermanfaat. Pengalaman personal tidak akan didapat lagi setelah fitur dinonaktifkan. Sebagai pengingat, pengguna juga tidak akan kehilangan data yang tersimpan saat pelacakan dimatikan.

Baca Juga: Evolusi Varian Toyota Kijang dari Model Krista hingga Menjelma jadi Innova Mode Hybrid

Ini akan berguna di masa mendatang karena Google tidak akan menyimpan informasi di masa depan, namun data yang sudah tersimpan sebelumnya tidak akan terhapus.

Beberapa produk atau layanan Google seperti Gmail, Google Search, dan ponsel Android mengumpulkan data pengguna. Ada beberapa data yang dikumpulkan jika kamu menggunakan platform tersebut.

Berikut adalah cara mengetahui data pribadi apa saja yang dikumpulkan Google, bersumber dari yatekno.com.

Jenis Iklan yang Diminati: Masuk ke akun Google, lalu klik Manage Ads Settings. Cara ini untuk mengetahui topik iklan yang kamu sukai menurut Google. Di dalamnya akan tertera data seperti jenis kelamin, umur, dan iklan apa yang pernah diblokir.

Tempat yang Pernah Dikunjungi: Google Locations History Page akan menunjukkan lokasi mana saja yang pernah pengguna kunjungi. Data ini tersimpan di dalam platform Google Maps. Aktivitas YouTube: Kamu juga bisa melihat aktivitas yang dilakukan di dalam YouTube. Caranya bisa mengakses lewat fitur Search dan juga YouTube Watch.

Selain memastikan diri tidak terlacak di internet, Anda juga bisa menghapus jejak digital di HP dan ponsel. Caranya adalah dengan rutin menghapus riwayat penelusuran di browser. Berikut adalah caranya:

1. Google Chrome: Untuk menghapus riwayat di Google Chrome, klik tiga titik untuk masuk ke menu. Pilih Settings dan pada sidebar buka menu Privacy & Security. Pilih Clear browsing data. Kamu harus memilih periode waktu yang ingin dihapus setelah itu klik Clear data. Jika mengatur browser sinkron dengan komputer lain melalui akun Google, maka saat menghapus riwayat pada satu perangkat akan terjadi hal yang sama di perangkat lain.

2. Mozilla Firefox: Klik tiga garis horizontal di bagian kanan untuk masuk ke menu. Lalu pilih Settings > Privacy & Security dan scroll ke bawah hingga Cookies & Site Data. Kamu bisa menghapus seluruh data dan mengelola data agar memiliki kontrol pada apa yang dihapus. Centang kotak yang menghapus data browsing setiap menutup Firefox jika tidak ingin melakukan secara manual.

Baca Juga: Kerap Diabaikan, Ini Ciri-Ciri Khusus Motor Harus Turun Mesin

3. Safari: Di Safari, buka menu dan klik Clear History. Pilih rentang waktu yang datanya ingin dihapus dan klik Clear History. Saat menghapus riwayat di Safari, tidak ada pilihan menghapus berbagai jenis data. Jadi cookie dan file cache ikut terhapus juga.

4. Microsoft Edge: Pengguna Windows 11 bisa menghapus riwayatnya dengan menekan tanda tiga titik di sebelah kanan. Lanjutkan dengan memilih Settings dari menu yang muncul. Pada menu Privacy temukan Clear browsing data dan klik Choose what to clear. Tentukan pilihan dari daftar, termasuk riwayat penjelajahan, data cache. Terakhir klik Clear Now.

5. Opera: Langkah pertama klik ikon Settings di bagian kanan bar alamat. Pada menu yang muncul, scroll dan temukan Privacy & Security di samping Browsing data lalu klik Clear. Pilih jenis data yang ingin dihapus, termasuk menentukan jangka waktu. Setelah semuanya selesai, klik Clear Data.

Langkah-langkah tersebut dapat membantu Anda mengontrol data pribadi yang dikumpulkan oleh Google serta menghapus riwayat penelusuran di berbagai browser. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga