adplus-dvertising

Tersandung Ijazah Palsu, Bupati Ponorogo Penuhi Panggilan Polda Jatim

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Selasa, 15 Februari 2022
530 dilihat
Tersandung Ijazah Palsu, Bupati Ponorogo Penuhi Panggilan Polda Jatim
Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko saat di Mapolda Jatim. Foto: Ist.

" Dilaporkan soal ijazah palsu maka harus menghadiri, sebagai warga negara yang baik dan taat hukum "

SURABAYA, TELISIK.ID - Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko datang ke Polda Jawa Timur (Jatim), Selasa (15/2/2022), untuk melakukan pemenuhan panggilan penyidik Polda Jatim atas laporan ijazah palsu oleh salah satu LSM beberapa waktu lalu.

"Saya katanya dilaporkan soal ijazah palsu maka harus menghadiri, sebagai warga negara yang baik dan taat hukum," kata politisi PDI Perjuangan ini.

Mantan Ketua Komisi E DPRD Jatim ini mengatakan, sebenarnya pemanggilan hari ini bukanlah yang pertama. Pada pemanggilan pertama dirinya tidak memenuhi pemanggilan tersebut dikarenakan sedang menyambut kedatangan wakil presiden (Wapres).


"Saya minta hari ini karena Pak Wapres mau rawuh ke Ponorogo hari Jumat sehingga saya harus prepare dan ternyata beliau tidak jadi datang," katanya singkat.

Pengacara Bupati Ponorogo Sugiri, yakni Indra Priangkasa menambahkan, tudingan yang ditujukan pelapor kepada kliennya tersebut tidak berdasar dan minim bukti. Oleh karena itu, ia menilai tindakan yang dilakukan pelapor tersebut sebagai upaya untuk membunuh karakter dan pencemaran nama baik.

Baca Juga: Dugaan Korupsi Dana BOS, Mantan Bendahara SMA I Kabawo Ditahan, Mantan Kasek Ngaku Sakit

Dikatakan oleh Indra, dalam perspektif hukum, tuduhan tanpa dasar merupakan fitnah dan pencemaran nama baik yang melanggar Pasal 317 KUHP Jo Pasal 311 ayat (1) Jo Pasal 310 KUHP.

Baca Juga: Kepala Pria Ini Dipukuli Pakai Besi Sampai Berdarah, Pelaku Ditangkap

“Ancamannya 4 tahun penjara,” tutupnya.

Sekedar diketahui, Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko dituduh telah memalsukan ijazah saat mencalonkan diri menjadi bupati. Dugaan ijazah palsu ini dilaporkan oleh salah satu LSM di Ponorogo.

Sedangkan Rektor Universitas Tritunggal Surabaya, Yudhihari Hendrahardana memastikan, Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko merupakan alumni di kampusnya. Oleh karena itu, ia menampik adanya tudingan yang menyebut ijazah S1 dari yang bersangkutan adalah palsu. (B)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

Baca Juga