Teruskan Peninggalan Ayah, Remaja Ini Sukses Kembangkan Usaha Sarang Burung Walet

Nur Rahmadani, telisik indonesia
Jumat, 20 Agustus 2021
0 dilihat
Teruskan Peninggalan Ayah, Remaja Ini Sukses Kembangkan Usaha Sarang Burung Walet
Rumah walet milik Edhy di Desa Uelawa, Kecamatan Benua, Kabupaten Konsel. Foto: Nur Rahmadani/Telisik

" Sebelum dikelola oleh Edhy, rumah walet tersebut belum berisi, namun hal itu tidak menyurutkan semangatnya. "

KENDARI, TELISIK.ID - Berawal dari mengelola peninggalan sang ayah, pemuda asal Desa Uelawa, Kecamatan Benua, Kabupaten Konsel ini berhasil mengembangkan usaha sarang burung walet.

Rumah walet yang dibuat oleh ayahnya yang lokasinya di bawah rumah dan masih menggunakan kayu pada tahun 2015, kemudian diambil alih Baso Ahmad Junaedi atau yang kerap di panggil Edhy pada tahun 2016.

Sebelum dikelola oleh Edhy, rumah walet tersebut belum berisi, namun hal itu tidak menyurutkan semangatnya.

Saat itu Edhy masih duduk di bangku SMP.  Masih sangat belia. Namun karena termotivasi dari ayah dan dorongan keluarganya, ia pun bertekad mengembangkan usaha peninggalan sang ayah.

Baca juga: Batas Usia Maksimal Cakades Berpolemik, DPRD Muna Siap Revisi Perda

Baca juga: Tradisi Masyarakat Buton Muliakan 10 Muharram

Setelah dikelola oleh pemuda yang kini berusia 20 tahun, ia sudah bisa panen pertama sarang burung waletnya kisaran 20-30 biji.

"Dengan perkembangan yang alhamdulillah baik, hingga sekarang saya sudah bisa panen 1 kali per minggu dengan total sarang burung 150 biji atau sekitar 1,5 kg per minggunya," kata Edhy, Kamis (19/8/2021).

Dan di tahun 2021 tepatnya di bulan Maret, ia berhasil membangun 1 rumah walet tepat di belakang rumahnya. Rumah tersebut berukuran 5x12 meter, 2 lantai, menghabiskan dana kisaran Rp 150 juta. Rumah walet tersebut saat ini juga sudah berisi burung walet.

"Rencana saat ini saya akan membangun rumah walet kedua dan menurut saya usaha ini menjanjikan keberhasilan asal kita bersabar karena rezeki manusia kadang ada kadang tidak, kadang cepat kadang lambat," ujarnya optimis. (C)

Reporter: Nur Rahmadani

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga