THR dari Pemerintah Sediakan Tiket Kapal Gratis Gelombang Dua, Ini Syaratnya

Riksan Jaya, telisik indonesia
Senin, 15 April 2024
0 dilihat
THR dari Pemerintah Sediakan Tiket Kapal Gratis Gelombang Dua, Ini Syaratnya
Loket pengambilan tiket (kiri) antrean penumpang pengguna tiket gratis rute Kendari-Baubau (kanan). Foto: Riksan Jaya/Telisik

" Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub bekerja sama dengan PT. Pelayaran Dharma Indah, mengadakan fasilitas mudik gratis "

KENDARI, TELISIK.ID - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub bekerja sama dengan PT. Pelayaran Dharma Indah, mengadakan fasilitas mudik gratis, yang pendaftarannya dibuka sejak tanggal 5 hingga 15 April 2024.

Kepala Operasional PT. Pelayaran Dharma Indah, Sardif mengatakan bahwa kuota yang disediakan sekitar 400 tiket, namun tidak terpenuhi secara keseluruhan karena ketidakhadiran penumpang yang sudah memesan tiket dari awal.

"Masih ada beberapa yang tidak tercover karena memang orangnya tidak ada, mungkin ditindaklanjuti besok nanti diurus oleh pihak pemerintah," katanya, Minggu (14/4/2024).

Saat ditanya mengenai penambahan kuota tiket, pihak pelabuhan mengatakan tidak ada penambahan, setiap harinya kuota tiket hanya berjumlah 400 dan itu berlangsung setiap hari selama periode tiket gratis masih ada.

"Tidak ada penambahan kuota tiket, (sudah di) program dari pemerintah," ujarnya.

Baca Juga: THR ASN, PPPK dan Anggota DPRD Muna Rp 30 Miliar

Petugas Pengamanan Pelabuhan Nusantara Kendari di lokasi pengambilan tiket, Made menyebutkan bahwa syarat pengambilan tiket sangat sederhana, cukup membawa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) warna bagi orang dewasa, dan Kartu Keluarga bagi anak-anak.

“Cukup bawa saja fotokopi KTP, (kalau membawa) anak-anak bawa fotokopi kartu keluarganya, dan harus diterima langsung, tidak bisa diwakilkan dan ini berlaku di semua pelabuhan miliknya BUMN,” sebutnya, Minggu (14/4/2024).

Petugas pemeriksa tiket yang enggan disebutkan namanya, mengungkapkan bahwa pengurusan tiket tersebut tidak dipungut biaya, sehingga calon penumpang agar lebih berhati-hati jika ada yang menawarkan jasa pengurusan tiket.

“Namanya gratis, tapi biasa ada calo mereka bantu uruskan terus minta biaya, atau biasa mereka jual kembali,” ungkapnya.

Salah satu penumpang kapal cepat rute Kendari-BauBau, Masni mengaku merasa terbantu dengan adanya program tiket gratis tersebut, sebab ia dan kedua anaknya bisa menyimpan uang miliknya untuk dibelikan kebutuhan lain.

“Lagi datang ketemu orang tua di Kendari. Bersyukur karena adanya tiket gratis ini sampe dengan fotokopinya juga tadi gratis, jadi uangnya bisa dibelikan oleh-oleh untuk suami dengan anak saya yang di rumah,” ujarnya senang.

Baca Juga: Arus Balik di Pelabuhan Nusantara Kendari Belum Capai Puncak

Berikut jadwal dan rute kapal tiket mudik gratis kerja sama PT. Pelayaran Dharma Indah dan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan di Pelabuhan Nusantara Kendari.

Baubau-Kendari, 14 April 2024, pukul 13:00 Wita

Raha-Baubau, 15 April 2024, pukul 16:00 Wita

Raha-Kendari, 15 April 2024, pukul 14:30 Wita. (A)

Penulis: Riksan Jaya

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga