Tiap Jumat, BKMT Sultra Organisir Masyarakat untuk Sedekah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 03 Juli 2020
0 dilihat
Tiap Jumat, BKMT Sultra Organisir Masyarakat untuk Sedekah
Pengurus BKMT Sultra saat membagikan paket makanan ke sejumlah masyarakat. Foto: Ist.

" Jumlah yang dibagi tergantung, karena para donatur seiklasnya mau sedekah berapa saja, biasanya dari 400-an hingga 1.000 paket makanan. Seperti hari ini ada 1.000 paket makanan yang kita bagi di dua kecamatan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Provinsi Sultra setiap hari Jumat mengorganisir masyarakat yang ingin sedekah dalam bentuk berbagi paket makanan.

Ketua BKMT Sultra, Hj. Masyhura Illadamay mengatakan, amalan berbagi atau sedekah pada hari Jumat menjadi rutinitas sebagian umat Islam. Namun, sebagian orang yang punya keinginan untuk berbagaiw tidak tahu mau sedekah di mana dan kepada siapa.

Dari hal tersebut, kata dia, yang melatarbelakangi terbentuknya program Indahnya Berbagi Bersama BKMT Sultra, yang sudah berjalan kurang lebih selama tiga bulan setiap hari Jumat.

Awalnya, tambah dia, program ini dijalankan oleh beberapa orang pengurus BKMT saja, namun seiring berjalannya waktu, ternyata semangat berbagi ini juga diminati oleh sebagian masyarakat.

Baca juga: Selama Tiga Hari, Positif COVID-19 di Sultra Bertambah 199 Orang

"Program ini juga bekerjasama dengan BKMT Kota Kendari, dan malah sekarang BKMT tingkat kecamatan. Bukan hanya pengurus, tapi juga masyarakat, bahkan dari berbagai profesi yang ikut dlm program berbagi ini, dari pedagang hingga dokter," katanya kepada Telisik.id, Jumat (3/7/2020).

Program ini, Mantan Wakil Bupati Bombana ini melanjutkan, dijalankan dalam bentuk berbagi paket makanan kepada masyarakat. Jika Jumat lalu pihaknya membagikan di sekitar Kecamatan Puuwatu, maka hari ini BKMT kembali turun berbagi di dua kecamatan, yakni Kecamatan Baruga dan Kadia.

Untuk di Kecamatan Baruga, paket makanan tersebut dibagi di sekitar Masjid Al Ashar yang berlokasi di dekat kampus IAIN Kendari. Sementara yang di Kecamatan Kadia di sekitar Jalan Mekar.

"Jumlah yang dibagi tergantung, karena para donatur seiklasnya mau sedekah berapa saja, biasanya dari 400-an hingga 1.000 paket makanan. Seperti hari ini ada 1.000 paket makanan yang kita bagi di dua kecamatan," jelasnya.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga