Tiba di Konawe, TKA China Dikarantina 14 Hari

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Kamis, 02 Juli 2020
0 dilihat
Tiba di Konawe, TKA China Dikarantina 14 Hari
Mr Yin (baju biru, tengah) Manager Operasional perusahaan sedang berbicara dengan juru biacara/penerjemah, Foto: Muh. Surya Putra/Telisik

" Mereka masih dikarantina dulu selama 14 hari sambil menunggu hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan tim medis dari Dinkes Konawe. "

KONAWE, TELISIK.ID - Tenaga Kerja Asing (TKA) asal negeri Tirai Bambu yang telah tiba di Konawe dan akan bekerja di dua perusahaan tambang yang ada di Konawe, Sulawesi Tenggara tak serta merta langsung dipekerjakan.

Pihak perusahaan yakni PT. OSS dan PT. VDNI melalui manager operasional perusahaan Mr. Yin mengaku pihaknya tidak akan memperkerjakan TKA yang baru saja datang sebelum ada hasil pemeriksaan kesehatan.

"Mereka masih dikarantina dulu selama 14 hari sambil menunggu hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan tim medis dari Dinkes Konawe," ungkapnya, Kamis (02/07/2020).

Baca juga: Surat Kabar Asing Soroti Protes TKA China di Sultra, Sebut Bakal Picu Terorisme

Ia menambahkan, hasil pemeriksaan ini akan menjadi rujukan apakah mereka layak untuk bekerja ataupun tidak.

Sebelumnya tim medis dari Dinas Kesehatan dan RS Konawe beberapa waktu lalu melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 156 TKA China yang akan bekerja di PT. VDNI dan PT. OSS.

"Pemeriksaan kesehatan meliputi beberapa jenis penyakit yakni, TB, Hepatitis, HIV-AIDS, dan juga rapid test," ungkap Sekretaris Dinkes Konawe saat pemeriksaan kesehatan TKA gelombang pertama.

Reporter: Muh. Surya Putra

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga