Tiga Hari ke Depan Kendari Diprediksi Hujan Guntur Disertai Angin Kencang

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Jumat, 10 April 2020
0 dilihat
Tiga Hari ke Depan Kendari Diprediksi Hujan Guntur Disertai Angin Kencang
Kota Kendari diprediksi masih akan hujan disertai guntur dan angin kencang hingga 12 April. Foto: Repro Google.com

" Untuk tiga hari ke depan, kondisi diperkirakan masih terjadi hujan. Dengan intensitas ringan sampai sedang. Kondisi saat ini di Sultra dan khususnya Kendari masih memasuki musim hujan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kepala Seksi Observasi BMKG Maritim Kelas II Kendari, Adi Istiyono, mengeluarkan rilis prediksi cuaca khususnya Kota Kendari bakal diguyur hujan disertai guntur dan angin kencang hingga 12 April mendatang.

"Untuk tiga hari ke depan, kondisi diperkirakan masih terjadi hujan. Dengan intensitas ringan sampai sedang. Kondisi saat ini di Sultra dan khususnya Kendari masih memasuki musim hujan," ucapnya saat dihubungi via WhatsApp, Jumat (10/4/2020).

Menurut Adi Istiyono, kondisi ini bisa dilihat dari kondisi kelembaban yang masih dalam kondisi basah di lapisan atas, yang berpotensi pembentukan awan hujan.

Baca juga: Pasar Buka di Tengah Larangan ke Luar Rumah, Siapa yang Beli?

"Kendari berpotensi hujan lokal yang disertai guntur dan angin kencang, mulai siang hingga sore hari terjadi dari 10 hingga 12 April," tulis Yamin Saleh Saidu, Prakirawan BMKG Maritim Kendari yang diupdate Jumat (10/4/2020).

Hal sama juga akan terjadi di wilayah Konawe Kepulauan (Konkep) dan Kolaka pada hari ini, Jumat (10/4/2020). Sementara hujan lokal disertai guntur dan angin kencang juga terjadi di wilayah Wakatobi, Muna dan Muna Barat (Mubar) pada hari Sabtu (11/4/2020).

Sedang untuk daerah lain seperti Konawe, Konawe Utara (Konut), Konawe Selatan (Konsel) dan Kolaka Timur (Koltim) berpotensi hujan sedang lebat. Yang dapat disertai guntur dan hujan lebat.

Baca juga: Dinas Perikanan Muna Pastikan Ketersediaan BBM untuk Nelayan

"Berdasarkan dinamika atmosfer tersebut, untuk wilayah Sultra pola angin umumnya dari TG-BD dengan kecepatan 5-10 knot. Potensi hujan sedang hingga lebat 9-10 April 2020. Sifat hujannya merata di hampir semua daerah Sultra," tulis BMKG melalui rilisnya.

Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Kendari juga mengeluarkan peringatan dini cuaca Sultra Jumat (10/4/2020) pukul 10.20 Wita.

Berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai guntur dan angin kencang pada pukul 10.50 Wita di wilayah Konawe Kepulauan, Buton Utara (Wakorumba, Kulisusu Utara), Konawe Selatan (Laonti, Baito) dan sekitarnya dapat meluas ke wilayah Konawe Selatan, Kendari, Kolaka Timur, Bombana, Kolaka, Buton dan sekitarnya. Kondisi ini dapat berlangsung sampai pukul 12.50 Wita.

 

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Rani

Baca Juga