Tiga Kapal Perintis Siaga di Pelabuhan Bungkutoko Kendari untuk Hubungkan Pulau Terluar

Kardin, telisik indonesia
Minggu, 09 April 2023
0 dilihat
Tiga Kapal Perintis Siaga di Pelabuhan Bungkutoko Kendari untuk Hubungkan Pulau Terluar
Kapal perintis disiagakan di pelabuhan Bungkutoko Kendari untuk hubungkan pulau terluar. Foto: Ist.

" Kementerian Perhubungan melalui Dirjend Perhubungan Laut menyiagakan tiga kapal perintis di pelabuhan Bungkutoko Kendari guna menunjang konektivitas wilayah terluar, terpencil dan terdalam "

KENDARI, TELISIK.ID - Kementerian Perhubungan melalui Dirjend Perhubungan Laut menyiagakan tiga kapal perintis di pelabuhan Bungkutoko Kendari guna menunjang konektivitas wilayah terluar, terpencil dan terdalam.

Kepala KSOP Kelas II Kendari, Kolonel Agus Winartono mengatakan, semua kapal perintis itu diketahui telah beroperasi di laut Kendari sejak tahun 2019 dengan trayek dan rute yang berbeda-beda. Tak hanya mengangkut penumpang, keunggulan kapal itu mampu mengangkut sejumlah jenis barang yang tidak dipunguti biaya sepersen pun.

Tiga kapal perintis itu yakni R-54 yang bernama KM Aqua Star dengan tujuan Kendari-Langara-Banuabangi-Baubau-Pola-Banggai-kepulauan Obi Maluku. Lalu trayek R-55 atau KM Sabuk Nusantara 44 dengan tujuan Kendari-Wanci-Usuku-Papalia-Batauga-Baubau-Banggai-Talaga-Sikeli-Bulukumba.

Baca Juga: Ini Jadwal Terbaru KM Sabuk Nusantara 78 Jelang Idul Fitri

"Serta kapal Sabuk nusantara 82 trayek R-56 dengan rute Kendari-Langara-Wadeburi-Pasarwajo-Wanci-Kaledupa-Usuku-Tomia-Binongko-Kalabahi-Lalobela Nusa Tenggara Timur," kata Agus baru-baru.

Agus menjelaskan, masyarakat tidak perlu khawatir untuk menggunakan kapal tersebut, sebab selain tiketnya yang sangat murah peralatan keamanan kapal sangat memadai serta pastinya tiba di pelabuahan tujuan sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

"Jadi kapal ini didesain bisa mengangkut penumpang dan barang sekaligus. Tiketnya sangat murah untuk jarak dekat seperti Kendari-Wanci Rp 20 ribu sementara untuk rute terjauh seperti kepulauan Obi Maluku Rp 130 ribu," beber Agus.

Untuk itu, keberadaaan kapal perintis itu bisa membantu masyarakat Sulawesi Tenggara yang akan berpergian ke daerah terluar sehingga mendongkrak perekoniman masyarakat.

"Semoga masyarakat bisa memanfaatkan kapal ini, baik untuk moda transprotasi pribadi maupun membantu distribusi hasil bumi yang dibutuhkan di daerah terpencil yang sangat membutuhkan," harapnya. 

Baca Juga: Ini Jadwal Terbaru Kapal KFC Jetliner Rute Kendari-Wanci

Sementara itu salah seorang penumpang asal kepulauan Obi, Joni mengaku senang menggunakan kapal perintis tersebut. Tak hanya tiketnya yang murah, fasilitas dalam kapal sangat baik, ia juga bisa melewati beberapa pulau dari provinsi yang berbeda-beda.

"Kapal ini rutin saya pilih untuk pulang kampung. Tikenya murah, dalam kapal juga fasilitasnya bagus. Banyak juga pulau yang dilewati sekaligus hiburan dikapal," tandasnya. (B)

Penulis: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga