Tiga Minuman Segar Ini Cocok untuk Berbuka Puasa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 24 April 2020
0 dilihat
Tiga Minuman Segar Ini Cocok untuk Berbuka Puasa
Es buah, salah satu menu favorit saat berbuka puasa. Foto: Halallifestyle.com

" Iya, sudah menjadi kebiasaan kita di sini, saat berbuka puasa itu menu yang pertama dicari itu, selain buah kurma adalah minuman segar. "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu fenomena yang unik terjadi setiap bulan ramadan, yaitu saat sore hari masyarakat berburu makanan dan minuman untuk disajikan ketika menikmati waktu berbuka puasa.

Hal tersebut menjadi wajar, karena dalam seharian penuh masyarakat, khususnya umat Islam, wajib berpuasa dengan menahan haus dan laparnya. Sehingga, saat berbuka puasa inginnya memenuhi kehausannya itu dengan menu segar, berupa minuman yang manis-manis.

"Iya, sudah menjadi kebiasaan kita di sini, saat berbuka puasa itu menu yang pertama dicari itu, selain buah kurma adalah minuman segar," ujar Sri Sulastri, salah seorang warga Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia, Kota Kendari, Jumat (24/4/2020).

Dimana, kata dia, diantara banyaknya macam minuman segar, hanya tiga yang kebanyakan orang jadikan sebagai minuman favoritnya saat melepas dahaganya dengan berbuka puasa, yaitu es campur, es teler dan es buah.

"Kebanyakan orang mencari es campur, es buah dan es teler saat menjelang buka puasa. Sama, saya pun dengan keluarga di rumah suka dengan ketiga minuman segar ini," katanya.

Baca juga: Dishub Sultra Terbitkan Surat Edaran Pengendalian Transportasi Mudik Lebaran

Selain itu, Pemilik Usaha Jahit Busana Mutiah ini melanjutkan, meski terlihat sama, tapi ada perbedaan yang cukup signifikan dari ketiga es terpopuler di Indonesia yaitu es teller, es campur dan es buah ini.

Misalnya saja, es buah. Ia biasanya berwarna bening, rasanya sedikit asam dan biasanya hanya berisi salah satu potongan buah. Namun karena banyaknya persaingan, sehingga tidak lagi hanya berisi salah satu potongan buah saja, tetapi beraneka buah, seperti pepaya, kelapa, semangka, melon dan buah manis lainnya.

Sedangkan es teler, tambah dia, ciri yang membuat es ini terlihat nampak adalah potongan alpukat di dalamnya. Kemudian terdapat kelapa muda, nangka serta es serut.

"Komposisi lain dalam minuman ini adalah buah manis ditambah pemanis gula merah, dan ada juga yang menambahkan kacang goreng tepung," tambahnya.

Sementara es campur, sesuai namanya, es ini punya banyak isian diantaranya adalah roti, cincau, nanas, melon, mutiara dan campuran lainnya. Jika es teler menggunakan larutan gula merah, es campur lebih mengandalkan sirup dan susu kental manis.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga