Tiga Pasangan Bakal Calon Wali Kota Kendari Telah Menerima Surat Rekomendasi

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 16 Juli 2024
0 dilihat
Tiga Pasangan Bakal Calon Wali Kota Kendari Telah Menerima Surat Rekomendasi
3 pasang calon Wali Kota Kendari yang telah menerima surat rekomendasi dari partai politik. Foto: Ist

" Pemilihan Wali Kota Kendari semakin mendekati puncaknya, para kandidat berlomba-lomba untuk meraih rekomendasi dari partai politik "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemilihan Wali Kota Kendari semakin mendekati puncaknya, para kandidat berlomba-lomba untuk meraih rekomendasi dari partai politik.

Sejumlah pasangan telah muncul dan beberapa telah menerima surat rekomendasi untuk maju sebagai calon Wali Kota Kendari dan Wakil Wali Kota Kendari.

Saat ini, pasangan pasangan Siska Karina Imran (SKI)-Sudirman telah menerima rekomendasi dari Partai Nasdem dan PAN, dimana Partai Nasdem memiliki 5 kursi dan PAN 4 kursi, sehingga pasangan SKI-Sudirman telah memenuhi syarat pencalonan yang hanya 7 kursi.

"Alhamndulillah, kita sudah mendapatkan dukungan dari Partai NasDem dan PAN dengan total 9 kursi. Kita tahu bahwa, syarat maju di Pilwali Kota Kendari 7 kursi. Artinya, kursi yang kami dapat yaitu SKI-Sudirman sudah lebih," kata Siska Karina Imran.

Harapannya lanjut SKI, dukungan dari partai politik terus bertambah sehingga langkah menuju perebutan kursi wali kota dan wakil wali kota berjalan lancar.

Baca Juga: Pasangan Balon Bupati Buton Laode Naane dan Akalim Bakal Optimalkan Pengembangan SDM

"Untuk persyaratan kursi alhamndulillah sudah dilampaui dan kita yang pertama. Tapi saya akan terus membangun komunikasi politik dengan yang lainnya, doakan semoga semua berjalan sesuai yang diharapkan," tuturnya.

Sementara itu, pasangan AJP-ASLI baru mendapatkan surat rekomendasi dari PPP yang hanya memiliki 1 kursi di DPRD Kota Kendari, sehingga pasangan AJP-ASLI masih harus mencari dukungan dari partai politik lainnya untuk memenuhi syarat pencalonan.

AJP optimis bakal mendapat restu Partai Golkar dalam kontestasi Pemilihan Wali Kota Kendari. Dukungan partai “Beringin” bakal memuluskan langkah keduanya bertarung di Pilwali.

"Kami optimis, bisa mendapatkan rekomendasi Partai Golkar," ungkap Aksan Jaya Putra, bakal calon wali Kota Kendari.

AJP mengaku miliki kelebihan lain untuk mendapatkan surat rekomendasi dari Partai Golkar seperti Ketua Bapilu Sulawesi Tenggara, Ketua Fraksi Golkar, Ketua Ormas Pendiri Golkar.

"Dan saya juga penyumbang kursi dalam Pemilu untuk Golkar di DPRD Provinsi," bebernya.

Di sisi lain, pasangan Sitya Giona Nur Alam-Subhan telah mendapatkan rekomendasi dari PKS untuk maju sebagai calon wali Kota Kendari dan wakil wali Kota Kendari.

Dalam Pemilu lalu, PKS meraih 6 kursi di DPRD Kota Kendari, sehingga pasangan Giona Nur Alam-Subhan masih harus berburu dukungan dari partai politik lain untuk dapat mencukupi syarat pencalonan yakni 7 kursi.

Diketahui, terdapat beberapa partai besar yang hingga saat ini belum mengeluarkan surat rekomendasi bakal calon Wali Kota Kendari seperti Golkar, PDIP, Demokrat, Gerindra, Perindo, dan lainnya.

Dalam sebuah wawancara bersama Telisik.id, salah satu pengamat politik dari UMK, Andi Awaluddin Maruf, menjelaskan kontestasi Pilwali Kota Kendari diprediksi akan melahirkan 4 calon.

"Kalau melihat komposisi partai yang mengeluarkan rekomendasi atau SK, saya melihat kemungkinan ada 4 calon," ujarnya.

Baca Juga: Simak 10 Program Unggulan Bacalon Gubernur Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas

Ia menilai, dalam pemilihan Wali Kota Kendari ini akan banyak kejutan-kejutan karena dirinya belum mengetahui bagaimana calon-calon ini bermanuver di pusat.

Ia menambahkan, saat ini baru PKS, Nasdem, PAN dan PPP yang betul-betul telah mengeluarkan SK untuk masing-masing bakal calonnya.

"Dengan segala kemungkinan yang ada kemungkinan akan ada empat calon paling sedikit tiga lah, karena ada salah satu calon yang katanya akan memborong partai," ujarnya.

Ia membeberkan saat ini sejumlah pasangan telah muncul seperti, SKI-Sudirman, Giona-Subhan, AJP-ASLI, Razak-Afdal, dan Yudhi-Nirna.

"Sejumlah nama ini masih bersaing dan membangun komunikasi dengan sejumlah partai politik untuk mendapatkan dukungan," pungkasnya. (A)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga