Tiga Pasien COVID-19 Keluar Paksa dari RS Raha

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 13 Agustus 2021
0 dilihat
Tiga Pasien COVID-19 Keluar Paksa dari RS Raha
Direktur RS Raha, dr Muhamad Marlin mengecek ketersediaan obat COVID-19. Foto: Sunaryo/Telisik

" Tercatat ada tiga pasien COVID-19 memutuskan keluar paksa dari ruang isolasi. Pasien tersebut berasal dari dalam Kota Raha, Muna Barat (Mubar), dan Kecamatan Kabangka "

MUNA, TELISIK.ID - Pasien COVID-19 yang tengah menjalani perawatan, merasa sudah tidak tahan berada di ruang isolasi Rumah Sakit (RS) Raha.

Tercatat ada tiga pasien COVID-19 memutuskan keluar paksa dari ruang isolasi. Pasien tersebut berasal dari dalam Kota Raha, Muna Barat (Mubar), dan Kecamatan Kabangka.

Direktur RS Raha, dr Muhamad Marlin membenarkan kejadian tersebut. Ia mengaku, ada tiga pasien yang telah keluar paksa

Hanya saja, dr Muhamad Marlin menapik jika disebut penyebab ketiga pasien COVID-19 tersebut keluar karena fasiltas yang disiapkan tidak memadai.

"Kita tidak tahu apa yang membuat mereka keluar paksa. Intinya, bukan karena fasilitas yang ada," kata Marlin, Jumat (13/8/2021).

Baca Juga: Dampak PPKM, 28.364 KPM di Kendari Dapat Bantuan Beras

Baca Juga: 13 Rumah di Koltim Rusak Dihantam Puting Beliung

Pasien-pasien yang keluar itu, sudah sekitar 5 hari menjalani perawatan di ruang isolasi. Dalam perawatan, dokter dan tenaga kesehatan (Nakes) memberi mereka obatan-obatan dan nutrisi agar cepat pulih.

"Penanganan pasien COVID-19 di ruangan isolasi sudah sesuai prosedur," ujarnya.

Kini, pasien yang tersisa menjalani perawatan di RS tinggal 17 orang. Bagi tiga pasien yang telah keluar itu, Marlin berpesan agar melakukan isolasi mandiri (Isoman) di rumah dan tidak berinteraksi dengan orang lain. (C)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga